Top 4 Destinasi Wisata Ambarawa Semarang Special Liburan Nataru 2022

Top 4 Destinasi Wisata Ambarawa Semarang Special Liburan Nataru 2022

Benteng Fort Willem I-screenshot-radarcirebon.com

SEMARANG, RADARCIREBON.COM- Halo travellers! Sudah siap liburan akhir tahun? Kalau kalian bingung kami bisa memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata. Buat kamu yang hendak liburan ke Semarang, patut rasanya untuk melihat Top 4 Destinasi Wisata Ambarawa Semarang Special Liburan Nataru 2022 berikut ini. Yuk, mari simak informasinya.

Ambarawa adalah sebuah kota kecamatan yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Tak kalah dengan pusat kotanya, Ambarawa juga memiliki beberapa destinasi wisata untuk liburan loh.

Nah, berikut adalah daftar Rekomendasi wisata di daerah Ambarawa  Semarang yang bisa kamu kunjungi saat berlibur ke Semarang. Check it out!

BACA JUGA:Zodiak Leo Hari Ini Senin 19 Desember 2022, Cobalah Hal Ini Jika Ingin Lebih Bahagia

1. Benteng Fort Willem I

Benteng Pendem Ambarawa atau Benteng Fort Willem I merupakan salah satu peninggalan dari zaman kolonial yang paling terkenal di Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

 

Berlokasi di dekat Museum Kereta Api Ambarawa, benteng ini dibangun pada 1834 dan selesai pada 1845. Kini, bangunan Benteng Pendem Ambarawa masih berdiri dan digunakan sebagai Lapas IIA Ambarawa, rumah dinas sipir dan tentara, sekaligus tempat wisata sejarah.

Bagi kalian yang suka dengan wisata sejarah, tempat ini sangat direkomendasikan karena bisa menjadi media pembelajaran bagi kalian sekaligus menambah wawasan akan sejarah.

Lokasi: Bugisari, Lodoyong, Kec. Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50611

 

Tiket Masuk: Gratis

BACA JUGA:Daftar Bubur Ayam di Cirebon Yang Wajib Kalian Coba Saat Berkunjung ke Cirebon

2. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Indonesia (Indonesian Railway Museum) atau dikenal sebagai Museum Kereta Api Ambarawa awalnya adalah sebuah stasiun yang bernama Stasiun Willem I.

Stasiun ini dibangun oleh Nedherlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) yang diresmikan pada tanggal 21 Mei 1873 bersamaan pembukaan lintas  Kedungjati-Ambarawa.

Kini, Museum Kereta Api Ambarawa atau Indonesian Railway Museum (IRM) menampilkan koleksi perekeretaapian dari masa Hindia Belanda hingga pra kemerdekaan RI yang meliputi sarana, prasarana dan perlengkapan administrasi.

 

Para pengunjung juga dapat menikmati perjalanan wisata dengan menaiki Kereta Api Wisata relasi Ambarawa-Tuntang (pp) dengan lokomotif penarik jenis lokomotif uap maupun kereta diesel vintage.

Lokasi: Jl. Stasiun No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614

 

Tiket Masuk:  Dewasa dan Mahasiswa sebesar Rp 20.000,-/Orang, Anak-anak (3-12 tahun) dan Pelajar sebesar Rp 10.000,-/Orang, serta wisatawan asing sebesar Rp 30.000 per orang.

BACA JUGA:Peringatan Hari Infantri ke -74, Kodim 0614/Kota Cirebon Upacara di Momunem Perjuangan

3. Eling Bening

Eling Bening merupakan sebuah Resort mewah yang terletak di Ambarawa, Kabupaten Semarang. Tempat ini merupakan tempat yang mengusung tema destinasi Keluraga.

Eling Bening menawarkan banyak sekali fasilitas yang dapat kalian coba disana, seperti Kolam Renang, Outbond, Tracking dan masih banyak lagi.

Selain itu, kalian juga menikmati pemandangan dari Rawa Pening sekaligus menikmati hidangan dari restoran yang tersedia. Pokoknya disini sangat direkomendasikan bagi kalian dan keluarga apalagi jika untuk bermalam di tempat wisata ini.

Lokasi: Jl. Sarjono, Bawen, Kec. Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661

Tiket Masuk: Weekday(Rp20.000), Weekend(Rp25.000)

BACA JUGA:Link dan Cara Daftar Jadi PPS Pemilu 2024, Masa Kerja Setahun dengan Gaji Lumayan

4. Monumen Palagan Ambarawa

Satu lagi yang merupakan tempat wisata sambil belajar sejarah yaitu Monumen Palagan Ambarawa. Dikutip dari beberapa sumber internet, Monumen Palagan Ambarawa didirikan pada 15 Desember 1973 dan diresmikan pada 15 Desember 1974 oleh Presiden RI ke-2 yakni Presiden Soeharto. Museum Isdiman didirikan untuk mengenang pertempuran yang terjadi di Ambarawa melawan sekutu.

 

Di mana pada peristiwa yang heroik tersebut gugur Let.Kol Isdiman yang diberondong oleh sekutu pada saat timbang terima jabatan di SD Tempuran (Jambu) tak jauh dari kota Ambarawa.

Untuk Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap seperti Toilet bersih, Mushola dan tempat wudhu,  Kursi-kursi taman, dan Taman bermain anak di halaman.

Toilet bersih, Mushola dan tempat wudhu,  Kursi – kursi taman, danTaman bermain anak di halaman.

Lokasi:  Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang Lor, Panjang, Kec. Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614

 

Tiket Masuk: Rp7.000,-/Orang

 

Nah, itulah beberapa informasi yang kami sajikan terkait Top 4 Destinasi Wisata Ambarawa Semarang Special Liburan Nataru 2022. Semoga Artikel ini bermanfaat bagi kalian ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: