Jalan Sindangwangi Majalengka Banjir, Ketinggian Air 50 Cm

Jalan Sindangwangi Majalengka Banjir, Ketinggian Air 50 Cm

Jalan Sindangwangi Majalengka banjir. -Ist-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Majalengka termasuk di kecamatan Sindangwangi, membuat jalan tersebut banjir.

Banjir merendam Jalan Sindangwangi Majalengka dengan ketinggian sekitar 50 centimeter.

Salah satunya yang paling parah terjadi di ruas jalan Rajagaluh Sindangwangi, tepatnya di depan Kolam renang Tirta Indah Desa Jerukleueut kecamatan Sindangwangi.

Banjir menyebabkan terjadinya kemacetan panjang akibat adanya sejumlah kendaraan yang mogok, maupun berhenti.

BACA JUGA:BANJIR CIREBON Hari Ini: Ketinggian Air di Kalijaga Makin Naik

BACA JUGA:BANJIR CIREBON Hari Ini, Kalipacit Meluap, Sejumlah Perumahan Terendam

Dalam kurun 5 tahun terakhir ini, jalur tersebut memang menjadi daerah rawan banjir, setelah menyempitnya aliran Sungai Cibeber akibat banyaknya industri pengolahan batu alam, maupun padatnya pemukiman.

Hal itu diperparah dengan masih adanya kebiasaan buruk beberapa warga yang kerap membuang sampah ke sungai tersebut, yang menyebabkan aliran air meluap.

Aris AMD Kepala Desa Ujungberung yang juga warga Blok Lojiawi Des mengakui, jika sampai saat ini masih ada ulah nakal sebagian warga atau pengunjung yang membuang sampah ke sungai tersebut sehingga menyebabkan sungai menjadi dangkal dan aliranya terganggu.

Akibatnya jika terjadi hujan besar maka sungai tersebut tidak bisa menampung luapan air hujan yang datang dari arah Blok Ciloa maupun Cibeber yang lokasinya lebih tinggi.

BACA JUGA:Jelang Nataru, BRI Tetap Siaga Layani Kebutuhan Nasabah

BACA JUGA:Tega Banget, Mantan Wapres Try Sutrisno Dikabarkan Meninggal, Begini Faktanya

Hal senada diungkapkan Diding Suryadi warga Lengkong Kulon menambahkan, jika kondisi jalan yang terendam bukan hanya di sekitar tirta saja, melainkan di sekitar pertigaan Lengkong dan Cibeber juga meluap hingga menutupi jalan raya.

Bahkan kata dia, tingginya curah hujan juga sempat sempat menenggelamkan sejumlah sepeda motor dan mobil yang terparkir di lokasi pabrik rotan yang ada di jalan raya tersebut.

Budi Kepala Dusun Blok Cibeber mengatakan, akibat banjir tersebut memang ada beberapa rumah warga yang sempat terendam dengan ketinggian air antara 10 hingga 15 Cm saja.

Namun yang paling parah kata dia, kondisi ruas jalan Lengkong Sindangwangi sudah sulit dilalui karena terendam. Bahkan seperti lautan karena semuanya tertutup air.

BACA JUGA:Ada Apa dengan Cadas Pangeran dan Tol Cisumdawu? Melupakan Jejak Sejarah

BACA JUGA:Arus Mudik Nataru 2022, Polres Cirebon Kota Siapkan Hal Ini

“Banjir yang terjadi memang cukup besar bahkan sampai masuk ke beberapa pemukiman warga , termasuk merendam jalan raya hingga ketinggian 50 sampai 70 cm, dan arusnya cukup deras,” jelasnya. (pai)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: