Apa Saja Keahlian yang Harus Dimiliki Desainer Grafis?

Apa Saja Keahlian yang Harus Dimiliki Desainer Grafis?

Keahlian yang penting dimiliki desainer grafis termasuk buat dan desain poster online.-Ist-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Desainer grafis merupakan profesi yang menyatukan seni dan teknologi, sehingga  membutuhkan pengetahuan tentang prinsip-prinsip desain yang dipadukan dengan penguasaan software desain.

Karena desainer grafis sering bekerja dengan klien dan kolega di berbagai proyek, mereka juga membutuhkan soft skill penting seperti komunikasi dan problem solving. 

Banyaknya software online yang bisa diakses untuk desain gambar, membuat pekerjaan desain grafis semakin mudah. Membuat gambar kartun, animasi, hingga desain poster online bisa dilakukan dengan software yang tersedia. 

Terdapat beberapa kategori keahlian yang harus dimiliki desainer grafis, kategori tersebut terbagi dua. Pertama adalah keahlian teknis dan yang kedua soft skill.

BACA JUGA:Wow! Saldo Gratis LinkAja dari Pertamina, Bisa Buat Isi BBM, Buruan Buka MyPertamina

Keahlian Teknis

1. Prinsip desain

Pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip desain sangat penting untuk setiap desainer grafis. Sepanjang mengerjakan proyek, desainer grafis akan menggunakan berbagai elemen untuk menyampaikan pesan yang dimaksud kepada klien.

Desainer grafis perlu mengetahui bagaimana menyatukan garis, warna, bentuk, ruang, tekstur, tipografi, skala, dominasi dan penekanan, dan harmoni untuk menciptakan desain yang menarik secara visual dan terstruktur dengan baik.

2. Membuat ide

Sebutan lainnya adalah generasi ide, ideation adalah proses kreatif menghasilkan, mengembangkan dan mengkomunikasikan ide-ide baru. Ini adalah hal pertama yang perlu dilakukan desainer grafis saat memulai proyek baru. Ideation melibatkan beberapa langkah seperti penelitian, pengembangan, evaluasi, dan aplikasi.

Ada banyak teknik dan keterampilan yang digunakan desainer grafis untuk proses ideation. Dua contohnya adalah moodboard dan thumbnail.

BACA JUGA:Daihatsu Selenggarakan Turnamen Olahraga Untuk Sahabat Klub

Moodboard adalah kumpulan visual yang digunakan untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan mengkomunikasikan arah proyek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: