Wajib Tahu! Cara Menyembuhkan Asam Lambung Beserta Obatnya

Wajib Tahu! Cara Menyembuhkan Asam Lambung Beserta Obatnya

Wajib Tahu! Cara Menyembuhkan Asam Lambung Beserta Obatnya-Capture-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM- Penyakit asam lambung seringkali menjadi hal yang menakutkan bagi kita. Penyakit ini langsung menyerang bagian dari lambung kita sehingga terjadi gangguan pada proses pencernaan di dalam tubuh kita. 

Asam lambung dapat naik ke kerongkongan akibat katup antara kerongkongan dan lambung melemah atau mengalami gangguan. Asam lambung bersifat korosif sehingga dapat membunuh bakteri dan juga berisiko merusak lapisan pelindung lambung.

Bagi kalian yang mempunyai asam lambung, berikut adalah Cara Menyembuhkan Asam Lambung Secara Total Beserta Obatnya. Simak baik-baik.

BACA JUGA:Kenapa Tangan Sering Kesemutan? Perlu Diwaspadai, Berikut 6 Penyebabnya

Penyebab Asam Lambung

Penyebab pasti melemahnya katup antara kerongkongan bagian bawah dengan lambung belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena GERD(gastroesophageal reflux disease), di antaranya:

  • Kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti makan terlalu banyak, berbaring sesaat setelah makan, dan merokok
  • Kelainan bawaan pada saluran cerna, seperti hernia hiatus
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Efek samping obat-obatan tertentu, seperti aspirin
  • Infeksi bakteri H. pylori
  • Kehamilan
  • Konsumsi makanan dan minuman tertentu, seperti makanan berlemak, cokelat, kopi, dan minuman bersoda atau beralkohol secara berlebihan

BACA JUGA:5 Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya, Yuk Glowing Bareng

Cara Menyembuhkan Atau Mengobati Asam Lambung

1. Banyak Minum Air Hangat

Dengan minum air hangat secara rutin, maka pencernaan akan lebih lancar. Dengan demikian, penyerapan nutisi juga terjaga dengan baik. Hal tersebut membuat seseorang yang terbiasa minum air hangat di pagi hari tidak akan mudah lapar. Kondisi tersebut dapat membantu mencegah makan terlalu banyak.

Cara ini juga dapat menetralkan asam lambung yang naik dan menyamankan sensasi tidak enak di tenggorokan dan lambung. Teruskan minum air hangat selama selang beberapa menit.

2. Minum Air Jahe

Jahe adalah obat alami lain untuk gangguan pencernaan karena dapat mengurangi asam lambung. 

Kamu bisa merebus jahe kemudian meminum airnya. Bisa juga ditambahkan dengan perasan lemon atau madu sebagai perasa. Lemon dan madu sebenarnya tidak hanya bekerja sebagai perasa tetapi juga efektif mengurangi peradangan termasuk peradangan pada lambung. 

Jahe juga mengandung senyawa fenoliknya dikatakan dapat meredakan iritasi gastrointestinal dan mengurangi kontraksi lambung. Ini artinya, jahe dapat digunakan untuk mengurangi kemungkinan asam lambung naik hingga ke kerongkongan.

BACA JUGA:Ingin Berat Badan Bertambah? Berikut Tips Cara Menambah Berat Badan Secara Alami dan Sehat

3. Hindari Makanan Berlemak, Asam, dan Pedas

Makanan-makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari tanpa kita sadari bisa menjadi penyebab naiknya asam lambung karena kita terlalu sering mengonsumsi makanan yang berlemak, pedas, dan asam.

sebisa mungkin hindari makanan berlemak seperti makanan yang mengandung mentega, daging berlemak, jeroan, susu full cream, keju, gorengan, aneka saus, makanan pedas, atau makanan asam seperti lemon dan tomat.

4. Soda Kue

Soda kue (natrium bikarbonat) dapat dengan cepat menetralkan asam lambung dan meredakan gangguan pencernaan, kembung, dan gas setelah makan. 1/2 sendok teh soda kue dalam segelas air hangat lalu minum. 

Minum soda kue dalam jumlah banyak juga bisa menyebabkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan, seperti sembelit, diare, muntah, dan kejang otot. Pastikan kamu hanya melakukannya tidak terlalu sering dalam kurun waktu kurang dari dua jam.

5. Konsumsi Obat Asam Lambung

Kalau kamu sudah pernah mengalami serangan asam lambung ini sebelumnya, mungkin kamu punya stok obat asam lambung. Segera minum obat asam lambung untuk menetralisir sensasi tidak enak tersebut.

Dilansir dari Cleveland Clinic, ada tiga obat asam lambung yang biasanya direkomendasikan dokter. Obat ini bisa berupa antasida (penetral asam lambung), H-2 receptor blocker (penurun produksi asam lambung), dan proton pump inhibitor (penghambat produksi asam lambung).

BACA JUGA:5 Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Kesehatan, Berguna untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Berikut adalah obat-obatan untuk asam lambung yang bisa kalian beli di apotek-apotek terdekat tempat kalian.

1. Mylanta

2. Polysilane

3. Omeprazole

4. Gastrinal

5. Polycrol

6. Stromag

7. Gastrucid

Demikian informasi mengenai Cara Menyembuhkan Asam Lambung Secara Total Beserta Obatnya yang dapat kami sajikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian ya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: