Daerah Terdingin di Jawa Barat, Ternyata Bukan Kuningan, Suhu Bisa 9 Derajat Celcius

Daerah Terdingin di Jawa Barat, Ternyata Bukan Kuningan, Suhu Bisa 9 Derajat Celcius

Pemandangan Kabupaten Kuningan dari dataran tinggi Cisantana ke arah Waduk Darma. Terdapat daerah terdingin di Jawa Barat, yang suhu udara pernah mencapai rekor 9,1 derajat celcius.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Berikut adalah daftar daerah terdingin di Provinsi Jawa Barat, yang dikenal memiliki banyak dataran tinggi.

Nah daerah terdingin di Jawa Barat ini, memiliki suhu bisa sampai 9 derajat celcius dan lokasinya memang di dataran tinggi.

Namun jangan kaget, karena daerah terdingin di Jawa Barat ternyata bukan di Kabupaten Kuningan yang notabene berada di kaki Gunung Ciremai.

Sebab, di Kabupaten Kuningan khususnya di Desa Cisantana dan sekitarnya, suhu udara memang bisa berada di bawah 19 derajat celcius.

BACA JUGA:Bahan Bakar Alternatif Pengganti BBM Telah Ditemukan di Banyuasin, Kualitas Lebih Bagus dari Pertamax

Tetapi, ada daerah lain yang ternyata bisa lebih dingin dari wilayah pegunungan di Kabupaten Kuningan.

Berikut adalah daerah terdingin di Jawa Barat:

1. Kabupaten Garut

Sama seperti wilayah dengan khas pegunungan, Kabupaten Garut juga dikeliling dataran tinggi dan beberapa gunung seperti Gunung Karacak, Cikuray, Guntur hingga Papandayan.

Rata-rata wilayah Kabupaten Garut berada di ketinggian 700-750 meter di atas permukaan laut, karenanya suhu udara cukup sejuk.

Suhu rata-rata di Kabupaten Garut adalah 26 derajat celcius dan rekor suhu terdingin adalah 13 derajat celcius.

BACA JUGA:Fantastis! Militer Indonesia Menjadi Yang Terkuat di Kawasan ASEAN

2. Kabupaten dan Kota Bogor

Sama seperti Garut, wilayah Kota dan Kabupaten Bogor juga ada di dataran tinggi. Bahkan karena curah hujan yang cukup tinggi, juga mendapatkan julukan kota hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: