Ada Tol Getaci, Cuma 1 Jam Saja ke Pangandaran, Warga Cirebon Bisa Sering-sering Piknik ke Pantai

Ada Tol Getaci, Cuma 1 Jam Saja ke Pangandaran, Warga Cirebon Bisa Sering-sering Piknik ke Pantai

Keberadaan Tol Getaci atau Tol Gedebage Tasikmalaya Cilacap, dapat mempercepat akses dari Cirebon ke Pangandaran.-Awkward think/GMaps-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Ada Jalan Tol Getaci atau Tol Gedebage Tasikmalaya Cilacap, warga Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan sekitarnya bisa sering-sering piknik ke Pantai Pangandaran.

Sebab, dengan adanya Tol Getaci yang terhubung ke Jalan Tol Padalarang Cileunyi (Padaleunyi), warga dari Cirebon bisa mengakses via Tol Cisumdawu untuk menuju ke Tasikmalaya ataupun Kabupaten Pangandaran.

Apalagi, di perencanaan Exit Tol Getaci yang merupakan tol terpanjang di Indonesia, salah satunya ada yang menuju ke Pangandaran.

Dengan jarak yang hanya 106 kilometer dari Cirebon ke Pangandaran, tentu saja waktu tempuh juga berkisar antara 1 atau 2 jam saja.

BACA JUGA:Rihanah Ibu Norma Risma Muncul di Kantor Polisi, Balas Menuding Anaknya Pembohong

Tetapi saat ini, dengan jarak 106 kilometer untuk menuju ke Pangandaran dari Cirebon waktu tempuh bisa sampai 4 hingga 5 jam. Tergantung kondisi jalan dan kemacetan juga faktor lainnya.

Tentu saja, keberadaan Tol Getaci tidak hanya disambut semringah warga di Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar dan Kabupaten Ciamis.

Sebab, akses tol itu, akan mempersingkat waktu tempuh ke kota-kota lainnya. Salah satunya adalah dari Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Indramayu.

Karena itu, selain yang sudah direncanakan, pemerintah daerah di wilaya selatan Jawa Barat yang dilalui Tol Getaci, mereka berlomba mengusulkan adanya exit tol di wilatahnya.

BACA JUGA:WADUH! Gara-gara Tol Getaci, Ciamis dan Banjar Rebutan Exit Toll, Tasikmalaya Minta 3, Kumaha Atuh?

Hal tersebut, tidak lepas dari upaya mereka mendapatkan efek samping dari tol yakni pertumbuhan ekonomi, pergerakan manusia, pertukaran dan distribusi barang dan jasa hingga pariwisata.

Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian mengungkapkan, wilayah selatan Jawa Barat memang membutuhkan jalan tol, agar akses bisa lebih cepat. 

Karenanya, tujuan pembangunan Tol Getaci untuk memperlancar konektivitas dan meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di selatan Jawa Barat.

“Konektivitas ke daerah selatan (Jawa Barat) makin lama makin menurun karena kepadatan lalu lintas," ungkap Hedy, seperti dilansir dari siaran pers Kementerian PUPR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: