Mitos Atau Fakta, Makan atau Minum Es Krim Saat Demam Dapat Memperparah Demam? Ini Penjelasannya

Mitos Atau Fakta, Makan atau Minum Es Krim Saat Demam Dapat Memperparah Demam? Ini Penjelasannya

Mitos Atau Fakta, Makan atau Minum Es Krim Saat Demam Dapat Memperparah Demam? Ini Penjelasannya-Capture-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM- Pada waktu kita kecil, pasti orang tua kita pernah mengatakan dan melarang kita untuk memakan atau meminum es kalau kita terkena sakit panas atau demam. Tentu saja kita mengikuti arahan orang tua untuk melakukan tersebut dan memilih untuk minum air yang hangat dan makanan hangat. Apalagi untuk mengkonsumsi es krim, tentu saja itu tidak diperbolehkan oleh orang tua kita

Itu karena es dituding menjadi faktor yang memperparah kondisi kita saat demam. Padahal disaat demam tentu diri kita cenderung ingin mengkonsumsi yang dingin-dingin untuk menyegarkan tubuh dan dahaga kita. Tetapi orang tua kita melarang akan hal itu sehingga kita pun tak bisa berbuat apa-apa.

Namun tahukah kalian? Hal yang selama ini diyakini publik dan menjadi steorotipe tersebut ternyata tidak benar loh. Mengapa kok bisa? Ternyata ada penjelasan secara medis mengenai perkara tersebut. Penasaran? Catat nih informasinya berikut ini.

BACA JUGA:Siapkan Arus Mudik 2023, Korlantas Survei Jalur Selatan Besok 19 Januari 2023

Memakan dan Minum Eskrim Tidak Ada Hubungannya Dengan Penyebab Demam

Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa makan dan minum es tidak menyebabkan atau memperparah kondisi demam. Hal ini karena pada dasarnya demam disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, bukan dari makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Demam tinggi berasal dari bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini mudah menyebar melalui air dan makanan yang terkontaminasi. Saat bakteri mulai menginfeksi tubuh, pengidap mengalami demam tinggi, sakit kepala, sakit perut, dan kehilangan nafsu makan.

BACA JUGA:Nikita Mirzani Anggap Ivan Gunawan Jagat, Begini Alasannya

Menurut James Stackelberg, MD, konsultan di divisi penyakit menular dan profesor kedokteran di Medical School Rochester, Minnesota, membantah mitos kandungan susu di dalam es krim bisa memperbanyak dahak. Ia berpendapat bahwa minum susu termasuk produk olahannya tidak akan menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak dahak saat sakit.

Demam sendiri sebenarnya adalah pertanda bahwa sistem imun tubuh sedang memerangi peradangan atau infeksi yang sedang terjadi di dalam tubuh. Adapun penyebab demam yang paling umum adalah infeksi bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan dan infeksi virus ringan, seperti flu atau pilek yang bisa membaik dalam beberapa hari.

Jadi, bila kamu sedang demam, sebenarnya boleh saja mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin karena tidak akan menyebabkan atau memperparah kondisi tubuh saat demam.

BACA JUGA:Kabar Baik! BPOM Keluarkan Daftar Obat Sirup yang Aman Dikonsumsi

Adapun manfaat eskrim tersendiri saat demam sebagai berikut, yaitu diantaranya:

1. Menambah Asupan Kalori

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: