Inilah Keutungan Indonesia Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2023

Inilah Keutungan Indonesia Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2023

Anggota DPR RI Aria Bima beberkan alasan utama FIFA batalkan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Sebentar lagi Indonesia akan menghelat Piala Dunia U-20. Dengan demikian, otomatis Timnas Garuda akan berlaga melawan negara-negara kuat dalam sepakbola.

Menpora Zainudin Amali membeberkan keuntungan yang akan didapat Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20.

BACA JUGA:Sampaikan Pledoi, Richard Eliezer: Saya Hanya Seorang Prajurit Rendah yang Diperalat dan Dibohongi

Zainudin mengatakan, ajang ini merupakan kesempatan besar untuk tim nasional (Timnas) agar terbiasa bermain di level dunia.

"Ini kesempatan besar buat Timnas kita biar biasa main di level dunia. Belum tentu kalau kita bukan tuan rumah, timnasnya bisa main," ujarnya di Jakarta, Rabu 25 Januari 2023.

BACA JUGA:Tanggapi Aksi Pembakaran Al-Qur’an oleh Rasmus Paludan, Begini Kata Menlu Swedia

Indonesia pernah berlaga dalam Piala Dunia U20 pada 1979 di Jepang. Indonesia mewakili Asia bersama dengan Korea Selatan dan tuan rumah Jepang.

Saat itu, Indonesia bermain melawan tim muda Argentina, Yugoslavia, dan Polandia, bahkan pernah menghadapi legenda Argentina Diego Maradona ketika muda.

BACA JUGA:Hadiri Rakor MUI Jabar, Wagub Uu: Ulama dan Umara Harus Bersinergi

"Kita bisa mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah ini bukan urusan gampang. Karena saingan kita dengan semua negara. Hampir semua negara anggota FIFA itu ingin," kata Zainudin.

Piala Dunia U20 yang digelar di Indonesia bisa memperkenalkan perkembangan dan lingkungan sepak bola Indonesia kepada dunia internasional.

BACA JUGA:Anthony Sinisuka Ginting Peringkat Dua Dunia, Jonatan Christie Keempat

Ada pula dampak wisata kepada  daerah yang menyelanggarakan pertandingan Piala Dunia U20, yakni Jakarta, Bandung, Solo, Palembang, Surabaya, dan Bali.

Bahkan jika Piala Dunia U20 di Indonesia sukses, Menpora menyebut bukan tidak mungkin Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia untuk tim senior.

BACA JUGA:Hasil Undian Semifinal UEFA Nation League 2022-2023, Empat Negara Siap Rebut Tiket Final

"Value yang paling kuat adalah kalau kita sukses melaksanakan U20 World Cup, jadi poin besar kita kalau kita akan bidding jadi tuan rumah FIFA World Cup untuk senior. Itu tidak terhitung nilainya," tandas Zainudin. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase