Memperingati HGN ke-63, Persagi Komitmen Percepatan Penurunan Stunting

Memperingati HGN ke-63, Persagi Komitmen Percepatan Penurunan Stunting

STUNTING CEGAH. DPC Persagi Kota Cirebon berkolaborasi bersama Dinkes Kota Cirebon kampanye cegah stunting dengan protein hewani di Kelurahan Argasunya.-Abdullah -Radar Cirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dalam rangka peringatan Hari Gizi Nasional (HGN), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) kota Cirebon bersama Dinas Kesehatan Kota Cirebon, bersinergi dalam percepatan Penurunan Stunting Kota Cirebon. Melalui Tema HGN ke-63 tahun 2023 “Cegah Stunting Dengan Protein Hewani, Isi Piringku Kaya Akan Protein Hewani”. DPC Persagi Kota Cirebon memiliki komitmen membantu Pemerintah terkait stunting di masyarakat. Apalagi stunting 

 merupakan kondisi gangguan pertumbuhan dan perkembangan balita. Hal ini disebabkan kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, dengan ditandai tinggi atau panjang badan anak dibawah standar yang telah ditetapkan oleh menteri kesehatan. 

Maka dari itu DPC Persagi Kota Cirebon dan Dinas Kesehatan Kota Cirebon memiliki komitmen untuk meningkatkan status gizi masyarakat dan menurunkan prevalensi stunting di kota cirebon. Momentum itu ditandai dengan Bersamaan pada HGN ke-63 ini DPC Persagi Kota Cirebon bersinergi dengan Dinas Kesehatan berperan aktif dalam percepatan penurunan stunting dari 30,6% pada tahun 2021 menjadi kurang dari 14% pada tahun 2024. 

Rangkaian kegiatan HGN ke-63 Kota Cirebon meliputi Kampanye Cegah Stunting dengan Protein Hewani, Aksi Bergizi Remaja di Sekolah, dan Bakti Sosial Pengabdian Masyarakat.

BACA JUGA:BRI Microfinance Outlook 2023: Peran Strategis BRI Akselerasi Inklusi Keuangan & Praktik ESG di Indonesia

Bertepatan di hari Rabu, 25 Januari 2023 Rangkaian kegiatan yang sudah berjalan yaitu Kampanye Cegah Stunting dengan Protein Hewani yang dilakukan oleh DPC Persagi dan Dinas Kesehatan Kota Cirebon di Wilayah Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon dengan sasaran 90 balita dan ibunya dengan melibatkan stakeholder di wilayah tersebut . Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon dr Hj Siti Maria Listiawaty, MM mengajak semua pihak untuk mengkampanyekan protein hewani setiap kali makan, terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan atau masa pertumbuhan untuk mencegah anak stunting. Mari mengapresiasi DPC Persagi bersinergis dengan Dinkes dalam

Upaya menelan stunting di Kota Cirebon. angka stunting di kota Cirebon tahun 2021 mencapai 30,6 persen, dan ditargetkan turun menjadi 14 persen pada tahun 2024. "Kami optimis denhan kerja keras beraama stakeholder, stunting di Kota Cirebon bisa turun hingga 14 persen," kata Maria penuh optimis. Ketua DPC Persagi Kota Cirebon, Hj Tursiwi Widiarti, MKM, menyampaikan Harapannya melalui gerakan seperti ini menjadi pemicu awal yang mana pada akhirnya masyarakat dapat berperan aktif meningkatkan status gizi mencegah terjadinya stunting mulai dari lingkungan keluarga. 

"Selamat Hari Gizi Nasional ke-63," kaya Tursiwi. 

Lebih jauh Tursiwi menjelaskan, DPC Persagi Kota Cirebon dan Dinas Kesehatan Kota Cirebon memiliki komitmen untuk meningkatkan status gizi masyarakat dan menurunkan prevalensi stunting di kota cirebon. Momentum itu ditandai dengan Bersamaan pada HGN ke-63 ini DPC Persagi Kota Cirebon bersinergi dengan Dinas Kesehatan berperan aktif dalam percepatan penurunan stunting dari 30,6% pada tahun 2021 menjadi kurang dari 14% pada tahun 2024. 

BACA JUGA:Jelang Pemilihan Ketua KONI Kabupaten Cirebon, Sutardi: Jangan Bawa Olahraga ke Ranah Politik

Berbagai kegiatan, kata Tursiwi, digelar selama HGN ke-63 tingkat Kota Cirebon, mulai dari Kampanye Cegah Stunting dengan Protein Hewani, Aksi Bergizi Remaja di Sekolah, dan Bakti Sosial Pengabdian Masyarakat.

"Rabu, 25 Januari 2023 DPC Persagi Kampanye Cegah Stunting dengan Protein Hewani bersama Dinkes di Kelurahan Argasunya," tandansya. Kampanye cegah stunting ini, kata Tursiwi, dengan sasaran 90 balita dan ibunya dengan melibatkan stakeholder di wilayah tersebut. Tursiwi menjelaskan, Hari Gizi Nasional atau disingkat HGN diperingati setiap tanggal 25 januari. Peringatan Hari Gizi Nasional merupakan salah satu kalender kegiatan yang sudah tertuang dalam rangkaian Hari Besar Bidang Kesehatan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia setiap tahunnya.

BACA JUGA:Peringati HBI 2023, Kantor Imigrasi Cirebon Punya Inovasi yang Bisa Tarik Investor Asing

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: