Ini Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi Karena Keunikan dan Keindahannya

Ini Wisata di Cirebon yang Wajib Dikunjungi Karena Keunikan dan Keindahannya

Masjid Agung Sang Cipta Rasa--

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Setiap musim libur panjang, Cirebon mendadak ramai oleh banyaknya wisatawan yang datang dari luar kota.

Meningkatnya kunjungan wisatawan ke Cirebon dalam beberapa tahun belakangan tidak luput dari perkembangan ekonomi dan pembangunannya yang lumayan pesat.

Sejak dibukanya Tol Cipali, jarak tempuh menuju Cirebon pun menjadi lebih cepat.

Bagi kamu yang berencana untuk berkunjung ke Kota Udang, ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Cirebon yang patut dikunjungi.

BACA JUGA:Pakai Ducati Desmosedici Spek 202, Marco Bezzecchi Pimpin Tes Resmi MotoGP di Sirkuit Sepang

BACA JUGA:Twitter Punya Layanan Premium Berbiaya Langganan Rp120 Ribu per Bulan, Penasaran?

1. Masjid Agung Sang Cipta Rasa
Masjid tertua di Cirebon ini berlokasi di komplek Keraton Kasepuhan.
Ciri khas tersebut dapat dilihat dari atap masjid yang tidak memiliki kemuncak seperti masjid-masjid lain di Pulau Jawa pada umumnya.
da kisah menarik di balik pembangunan masjid ini. Konon, pembangunan Masjid Sang Cipta Rasa melibatkan ratusan tokoh penting dari Kerajaan Demak, Majapahit, dan Cirebon. Sunan Gunung Jati bahkan menunjuk Sunan Kalijaga untuk merancang arsitektur masjid.

Selain gaya arsitekturnya yang masih awet hingga sekarang, ada satu tradisi yang masih dipertahankan di Masjid Sang Cipta Rasa, yakni azan pitu. Azan pitu ialah ritual azan yang dilakukan oleh tujuh muazin secara bersamaan. Azan pitu biasanya dikumandangkan setiap salat Jumat di Masjid Agung Sang Cipta Rasa.

2. Makam Sunan Gunung Jati
Makam Sunan Gunung Jati menjadi destinasi wisata religi, kamu akan merasakan suasana khidmat berkat lantunan ayat-ayat suci yang bergema di seantero komplek Makam Sunan Gunung Jati. Yang Arsitekturnya bergaya khas Tiongkok, Jawa, dan Arab pun berpadu sempurna membentuk harmoni yang menakjubkan.

BACA JUGA:PT KAI Buka Lowongan Kerja, Dicari Lulusan SMA Hingga Sarjana

BACA JUGA:Aset Tersangka Robot Trading Net89 Disita Dittipideksus Bareskrim Polri, Dua Orang Masih Buron

Daya tarik lain yang dimiliki Kompleks Makam Sunan Gunung Jati adalah adanya sembilan pintu yang disusun secara bertingkat. Namun, pengunjung hanya diperkenankan untuk masuk hingga pintu ke-lima, sebab pintu-pintu selanjutnya hanya diperuntukkan bagi keturunan Sunan Gunung Jati.

Kompleks Makam Sunan Gunung Jati berlokasi di Jalan Alun-alun Astana Gunung Jati 53, Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati.

3. Sentral Batik Trusmi
Kawasan Trusmi terkenal akan deretan rumah perajin batik. Kini kawasan tersebut telah disulap menjadi destinasi wisata budaya yang diberi nama Sentra Batik Trusmi. Di sepanjang Jalan Trusmi tersebut, kamu akan disajikan beragam galeri batik khas Cirebon yang terkenal akan motif mega mendung dan coraknya yang cerah tapi lembut.

Di kawasan tempat wisata di Cirebon ini, kamu tidak hanya dapat berburu oleh-oleh batik khas Cirebon. Beberapa galeri batik bahkan menawarkan kursus membatik bagi wisatawan yang tertarik mencoba menggambar motif batik khas Cirebon. Selain membatik, pengunjung juga akan diajak melukis topeng, sekaligus belajar menari topeng di kawasan wisata edukasi Sentra Batik Trusmi. Menarik, bukan?

BACA JUGA:KBRI Ankara Kabarkan 2 WNI Jadi Korban Gempa Turki, Ada 5 yang Masih Hilang Kontak

BACA JUGA:Wagub Uu: Edukasi Anti Hoax Akan Dikembangkan di Pesantren Se-Jawa Barat

4. Hutan Plangon
Nah hutan Plangon ini bisa jadi tempat wisata unik sekaligus keramat bagi warga Cirebon dan sekitarnya. Konon, hutan ini merupakan tempat menyepi dua pangeran keraton Cirebon. Banyak juga yang mengatakan bahwa dua pangeran tersebut disemayamkan di Hutan Plangon. Tidak heran jika banyak pula pengunjung yang datang ke Hutan Plangon untuk berziarah ke makam dua sesepuh Cirebon tersebut.

Kawasan hutan yang terletak sekitar 3 kilometer dari pusat kota ini didiami ratusan ekor kera dan aneka ragam flora. Pengunjung yang datang ke tempat wisata di Cirebon ini dapat bercengkerama dengan kera-kera setempat atau sekadar memberi makanan. Namun, ingat, kebanyakan kera di Hutan Plangon agresif dan kurang ramah terhadap para pendatang. Jadi, usahakan untuk tetap berhati-hati dan tidak mengganggu habitat kera di sana, ya. Hutan Monyet Plangon berlokasi di Jalan Bumi Babakan Indah, Cirebon, dan dapat ditempuh dari pusat kota dalam waktu kurang lebih 45 menit.

5. Pantai Kejawanan
Pantai Kejawanan bisa menjadi tempat wisata di Cirebon alternatif bagi kamu yang merindukan suasana semilir pantai dan deburan air laut. Meski kondisinya relatif kurang terawat jika dibandingkan dengan pantai lain seperti yang ada di Bali, banyak warga yang menghabiskan sore di Pantai Kejawanan untuk sekadar bersantai di pinggir laut sambil menikmati kopi dan camilan.

Nah itulah beberapa tempat wisata di Cirebon yang patut kamu kunjungi

BACA JUGA:FIFA Bakal Beri Penghargaan ke Pelatih Pria dan Wanita Terbaik 2022, Berikut Nominasinya

BACA JUGA:Evakuasi Pilot Susi Air, TNI AD Kirim Pasukan Elite ke Nduga Papua


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: