Harga Beras Mahal, Bulog dan Pemkab Cirebon Gelar Operasi Pasar Murah

Harga Beras Mahal, Bulog dan Pemkab Cirebon Gelar Operasi Pasar Murah

Bulog Cirebon bersama Pemerintah Kabupaten Cirebon menggelar operasi pasar murah di Desa Cipanas, Kecamatan Dukuhpuntang, Sabtu (11/2/2023).-DEDI HARYADI-Radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Suasana di halaman Balai Desa Cipanas, Kecamatan Dukuhpuntang, Kabupaten Cirebon, Sabtu pagi  11 Februari 2023 mendadak ramai.

Ratusan warga desa setempat rela mengantre untuk mendapatkan beras Bulog dengan harga murah saat Bulog Cirebon bersama Pemerintah Kabupaten Cirebon menggelar operasi pasar murah.

BACA JUGA:Brantas Praktk Perjudian, Polsek Babakan Grebek Lokasi Sabung Ayam

Saat ini harga beras medium di pasar berkisar antara Rp12.000 hingga Rp14.000 perkilogram, sementara di operasi beras murah ini, Bulog hanya menjual Rp9.400 perkilogram.

Operasi beras murah ini bisa membatu meringankan beban masyarakat. Pasalnya saat ini harga beras dipasaran melonjak naik, akibat dari stok beras yang sedikit, karena sentra pertanian saat ini sedang memasuki musim tanam.

Kristina, salah satu warga Desa Cipanas kepada radarcirebon.com mengatakan, harga beras di pasar cukup tinggi dibandingkan harga dioperasi beras murah tersebut.

BACA JUGA:Banyak Kendala, Kemendagri Bakal Gantikan e-KTP ke IKD

"Sekarang di pasar itu kisaran Rp12.500 sampai Rp13.500 perkilogram, kalau di sinikan (operasi pasar) murah, cuma Rp9.400 perkilogramnya.”

“Makannya saya rela antri dari pagi, biar dapet beras murah ini, buat dikonsumsi sehari-hari," katanya yang telah mengantre sejak pagi.

Sementara itu di tempat yang sama, Budi Sultika selaku Kepala Bulog Cabang Cirebon mengungkapkan, harga beras naik di pasaran disebabkan suplai dari petani kurang.

BACA JUGA:FIFA Segera Umumkan Pemain Terbaik Putra dan Putri 2022, Muka Lama Masih Mendominasi

"Karena suplainya kurang, saat ini sedang memasuki musim tanam bukan musim panen, jadi suplainya kurang. Untuk musim panen diperkirakan akan terjadi di awal Bulan Maret," ungkapnya.

Sedangkan stok beras di gudang Bulog Cabang Cirebon, Budi menyebutkan, mencapai 5.200 ton beras. Stok tersebut dinilai aman hingga memasuki musim panen.

"Untuk stok di Bulog sendiri, saat ini kami memiliki stok 5.200 ton beras, aman hingga bulan Maret saat memasuki musim panen nanti," sebutnya.

BACA JUGA:Pengendara Sepeda Motor Tewas Ditabrak Sedan BMW di Jalan Fatmawati

Menurut Dia, pihaknya menyiapkan 10 ton beras untuk operasi pasar di Desa Cipanas.

"Beras yang kami jual kepada masyarakat di operasi pasar hari ini kualitas medium," pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase