IKD Memudahkan Masyarakat Dalam Pembuatan Paspor dan Perbankan

IKD Memudahkan Masyarakat Dalam Pembuatan Paspor dan Perbankan

IKD memudahkan masyarakat-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Identitas Kependudukan Digital (IKD) menjadi perhatian masyarakat, Karena hadirnya IKD dianggap mempermudah proses ketika memproses perbankan hingga pembuatan paspor.

Atas dasar itulah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menggelar Forum perangkat daerag rencana kerja Disdukcapil, Rabu (22/2/2023) di Hotel Tryas. Kabid PIAK, Izzudin menjelaskan, jadwal IKD selesai 7 Maret 2023.

Oleh karenanya bagi kantor atau lembaga lain seperti Imigrasi, BPJS dan lainnya jika ingin mendapatkan layanan IKD bisa  bersurat ke Disdukcapil,  dan oleh Disdukcapil akan dijadwalkan. Izzudin menjelaskan, Kalau pelayanan IKD sudah dilempar ke masyarakat (ke publik),  maka pelayanan IKD berdasarkan domisili.

Dirinya mencontohkan Salah satu SKPD dijadwalkan mendapatkan pelayanan IKD, ternyata tidak ada yang hadir, begitu juga ketika dijadwalkan ulang ternyata tidak ada yang datang.

BACA JUGA:Jelang Persib vs Arema, Ada Pesan Khusus dari Manajemen untuk Bobotoh: Jangan Memaksakan Diri!

BACA JUGA:MMKSI Kembali Berkontribusi untuk Edukasi Para Siswa Kejuruan di Indonesia

Nanti ketika memang tidak hadir, maka yang bersangkutan mengurus IKD sesuai domisili rumah masing-masing. Izzudin menjelaskan, Dari kementrian belum sosialisiasi ke lembaga lembaga lain, sekarang  baru aktivasi, dan Disdukcapil kota Cirebon tahun 2023 memiliki target 25 persen dari wajib KTP harus sudah ber IKD, hanya saja sekarang masih dibawah 1500 warga yang ber IKD, dengan demikian masih  jauh dari target.

Izzudin memaparkan, Dari yang  sudah melakukan aktivasi perbankan, dan IKD bisa digunakan. Manfaat IKD, salah satunya ketika Membuat paspor  ketika KTP ketinggalan maka menggunakan IKD, dan itu bisa dilakukan.

Sementara itu Budi Kurniawan selaku bisnis support Bank mandiri area cirebon mengapresiasi hadirnya IKD, karena keberadaan IKD sangat penting  karena sistem kita mengacu NIK (Nomor Induk Kependudukan). mau tidak mau, kata Budi,  NIK itu mutlak dan kita dukung sekali ketika pelayanan perbankan, mulai dari pembukaan rekening sampai pengajuan kredit mutlak menggunakan NIK.

"Pembukaan rekening sudah secara online,  verifikasi NIK  dan wajah juga secara online," tandasnya. Dengan sistem online termasuk IKD ini, tidak perlu repot lagi menggunakan foto copy KTP karena data sudah terintegrasi secara online. Anggota Komisi I DPRD Kota Cirebon, R Endah Arysanasakanti SH mengapresiasi pelayanan di Disdukcapil, yang dari tahun ke tahun terus meningkat, dan menyamankan masyarakat. Bahkan, kata Endah, ia merasakan sekali, pelayanan administrasi kependudukan, diberikan tanpa pandang bulu.

BACA JUGA:Optimisme 2023! Simak Faktor Pendorong Keberlanjutan Kinerja Impresif BRI

BACA JUGA:Hari Peduli Sampah Nasional, Ajak Siswa TK Pertiwi Punguti Sampah

Pada forum perangkat daerah tersebut, Endah juga mengharapkan, agar pelayanan administrasi kependudukan terus ditingkatkan, terlebih untuk tahun 2024, merupakan masa transisi, dimana Kota Cirebon belum memiliki kepala daerah yang definitif, sehingga Disdukcapil harus memastikan, kondisi dan situasi politik di tahun 2024, tidak mempengaruhi pelayanan administrasi kependudukan.

"Saya merasakan sendiri, pelayanan di Capil saat ini sangat memuaskan, pelayanan tidak pandang bulu. Saya yang juga ada di Banggar, akan mengakomodir keluhan Disdukcapil soal anggaran, itu akan saya sampaikan ke pimpinan di DPRD," kata Endah.  Sekretaris Disdukcapil Kota Cirebon, Rahmat Saleh, menyampaikan bahwa forum perangkat daerah ini, adalah upaya pihaknya untuk menajamkan sasaran kerja di tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: