IB Fest 2.0 Ibnu Khaldun Dibuka Bupati Cirebon

IB Fest 2.0 Ibnu Khaldun Dibuka Bupati Cirebon

IB Fest di Sekolah Ibnu Khaldun dibuka langsung Bupati Cirebon Drs H Imron Rosyadi MAg, Sabtu (25/2).-ADE GUSTIANA-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Sekolah Ibnu Khaldun menggelar IB Fest yang dibuka langsung oleh Bupati Cirebon Drs H Imron Rosyadi MAg, Sabtu (25/2). Diikuti 60 peserta dan mengusung tema: Festival Sekolah Kolaborasi.

IB Fest sudah menjadi kegiatan tahunan. Tahun ini menginjak tahun kedua. Yaitu, ajang kreasi dan kreativitas para pelajar untuk mengembangkan bakat dan kemampuan yang dikemas dalam sebuah perlombaan.

IB Fest diselenggarakan sekolah Ibnu Khaldun yang dinaungi oleh Yayasan Pendidikan Mansyur Al Makki di Desa Panambangan, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon. Konsep IB Fest tahun ini yakni melestarikan kekayaan budaya lokal di Kabupaten Cirebon.

Yakni melalui perlombaan tari topeng kelana gaya Slangit dan tari kreasi untuk kategori pelajar di jenjang sekolah dasar, menengah dan atas se-Wilayah 3 Cirebon. Perlombaan itu untuk memperebutkan piala bergilir bupati Cirebon.

BACA JUGA:Ayah yang Buang Bayi di Palimanan Ditangkap di Bodesari, Videonya Beredar

BACA JUGA:Kisah Liu Yanping Jadi Fatimatuzzahroh, Warga Australia Mualaf di Ponpes Jagasatru Cirebon

Juara umum IB FEST kategori A dari SDN Kebon Baru, kategori B SMPN 1 Plumbon dan kategori C dari Sanggar Putra Budaya. Juri spesial pada IB Fest yaitu Inu Sudjana Ardja, maestro tari topeng kelana gaya Slangit.

Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Mansyur Al Makki Dr Taufik Ridwan MHum mempresentasi sekolah Ibnu Khaldun: sejarah awal berdiri, visi dan misi hingga rencana pembangunan di masa depan.

Taufik mengatakan, Ibnu Khaldun merupakan sekolah milik perusahaan yang bernama Syntax Corporation Indonesia. Dikelola oleh Syntax Foundation. Syntax  merupakan perusahaan konsultan pendidikan dan pengembangan IT.

"Hadirnya sekolah ini untuk memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat dan memajukan kualitas dunia pendidikan," ujar Taufik.

BACA JUGA:Tim Cath Lab RSD Gunung Jati Mendapatkan Pendampingan dari RS Jantung Harapan Kita

BACA JUGA:Bank BTN Syariah Gelar MoU dengan MEK PWM Jabar

Ia mengapresiasi seluruh panitia, termasuk manajemen, kepala sekolah dan dewan guru TKIT, SDIT, SMPIT, SMK, Ponpes Ibnu Khaldun, komite sekolah dan stakeholder yang telah mendukung acara tersebut.

Taufik menambahkan, menjadi suatu kebanggaan melihat generasi muda menampilkan tari topeng sebagai upaya melestarikan kekayaan budaya Indonesia yang ada di Kabupaten Cirebon.

"Insya Allah di tahun berikutnya akan kami laksanakan kembali IB Fest dengan lebih baik," ucap Taufik.

Taufik Ridwan memohon doa dan restu kepada seluruh masyarakat, khususnya warga Cirebon. Rencananya, tahun 2023 ini akan dibangun Politeknik Siber Cerdika Internasional (SCI) di Desa Panambangan.

Sementara itu, Bupati Imron mengaku bangga dan senang akan terselenggaranya IB Fest di Ibnu Khaldun. Katanya, ini sebagai bentuk melestarikan nilai-nilai budaya dan kesenian melalui ajang lomba tari topeng. Serta salah satu upaya untuk membangun rasa cinta generasi muda terhadap kesenian tradisional.

BACA JUGA:2 Tempat Wisata Kuningan yang Akan Dikunjungi Sandiaga Uno Besok, Cek Jadwal dan Agendanya

BACA JUGA:Jadwal SIM dan Samsat Keliling Kabupaten Cirebon Hari Ini, Senin 27 Februari 2023

Di satu kesempatan, bupati meresmikan gedung Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Ponpes Ibnu Khaldun yang diperoleh dari Kementerian Ketenagakerjaan yang berada di dalam kawasan sekolah. Serta meresmikan launching logo terbaru SMK Ibnu Khaldun.

Selain bupati, turut hadir Muspika Kecamatan Sedong, camat, kapolsek, danramil dan kepala desa di Kecamatan Sedong. Serta korwil pendidikan Kecamatan Sedong, tokoh seniman/masyarakat, orang tua siswa dan seluruh elemen masyarakat. Dalam kesempatan itu Bupati Cirebon Imron Rosyadi diajak untuk melihat area yang nantinya akan dibangun kampus politeknik.

BACA JUGA:Persib Tantang Barito Putra, Dado yang Sudah Tidak Sabar Katakan Hal ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: