Antrean Sendal Mengular Saat Operasi Pasar Murah Satgas Pangan Polresta Cirebon, Bulog, dan IJTI Cirebon Raya

Antrean Sendal Mengular Saat Operasi Pasar Murah Satgas Pangan Polresta Cirebon, Bulog, dan IJTI Cirebon Raya

Antrean Sendal Mengular Saat Operasi Pasar Murah Satgas Pangan Polresta Cirebon, Bulog, dan IJTI Cirebon Raya-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Antrean sendal mengular saat operasi pasar murah yang diselenggarakan Satgas Pangan Polresta Cirebon, Perum Bulog Cabang Cirebon, dan IJTI Cirebon Raya, Jumat (3/3/2023). Kegiatan yang menyediakan beras kualitas medium di bawah harga pasar tersebut digelar di Balai Desa Cisaat, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, Kepala Perum Bulog Cabang Cirebon, Budi Sultika, dan Ketua IJTI Cirebon Raya, Faizal Nurathman. Mereka menyerahkan secara simbolis beras yang dijual di operasi pasar tersebut kepada perwakilan masyarakat.

Bahkan, warga yang membeli beras dalam operasi pasar tersebut mendapatkan bonus telur gratis dari Polresta Cirebon. Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, mengatakan, pembagian telur tersebut sebagai bentuk bhakti sosial kepada masyarakat dalam rangka untuk pencegahan stunting di Kabupaten Cirebon.

"Kami menyiapkan 1000 paket telur yang berisi masing-masing enam butir untuk dibagikan kepada masyarakat yang membeli beras di operasi pasar kali ini. Pemberian telur tersebut sebagai bentuk bantuan sosial dari Polresta Cirebon sebagai upaya untuk menekan angka stunting di Kabupaten Cirebon," ujar Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

BACA JUGA:Polresta Cirebon Gelar Ngopi Aspirasi Bersama Berbagai Unsur Masyarakat Beber

BACA JUGA:Rickie Ferdinansyah Beri Karpet Merah ke H Satori Sebagai Calon Bupati

Ia mengatakan, dipilihnya Desa Cisaat berdasarkan hasil Ngopi Aspirasi Polresta Cirebon bersama sejumlah elemen masyarakat setempat yang digelar pada pekan lalu. Saat itu, warga menyampaikan aspirasi agar operasi pasar murah dilaksanakan di Desa Cisaat.

Selain itu, kegiatan operasi pasar beras murah tersebut juga bertujuan untuk mengintervensi harga beras di pasaran, khususnya di wilayah Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon. Pasalnya, saat ini harga beras di wilayah Kecamatan Cirebon masih berkisar antara Rp 12 ribu per kilogram.

Pihaknya mengakui, operasi pasar murah tersebut digelar secara rutin dengan melibatkan unsur pemerintah daerah dan hingga kini telah dilaksanakan sebanyak 12 kali di sejumlah Kecamatan Kabupaten Cirebon. Kegiatan tersebut bakal digelar secara kontinyu hingga harga beras di pasaran relatif stabil.

"Beras yang dijual dalam operasi pasar ini untuk dikonsumsi sendiri, bukan untuk dijual lagi. Kami mempersilahkan masyarakat di Desa Cisaat untuk memanfaatkannya. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari aspirasi yang disampaikan masyarakat," kata Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H.

BACA JUGA:Kasus Flu Burung di Kota Cirebon, 700 Ekor Ayam Mati Mendadak di Argasunya

BACA JUGA:Anggota DPRD Kota Cirebon Hadir di Musbangkel, Kawal Perencanaan Pembangunan

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon, Budi Sultika, menyampaikan, dalam operasi pasar di Desa Warujaya jumlah beras yang disediakan mencapai 10 ton. Beras tersebut merupakan kualitas medium yang dijual di operasi pasar seharga Rp 9400 per kilogram.

"Kami rutin menggelontorkan untuk operasi pasar murah yang bekerja sama dengan pemerintah daerah. Bahkan, dalam sehari bisa lebih dari lima titik lokasi pelaksanaan operasi pasar murahnya di Wilayah III Cirebon," ujar Budi Sultika.

Senada, Ketua IJTI Cirebon Raya, Faizal Nurathman, mengatakan, kegiatan kali ini sebagai bentuk kontribusi IJTI Cirebon Raya dalam membantu pemerintah daerah untuk mengendalikan inflasi. Selain itu, pihaknya juga membantu masyarakat untuk mendapatkan beras berkualitas dengan harga terjangkau.

"Kami berkolaborasi dengan Satgas Pangan Polresta Cirebon, Perum Bulog Cabang Cirebon, dan pemerintah daerah dalam pelaksanaan operasi pasar murah ini. Alhamdulillah, kegiatan kali ini disambut tingginya antusias warga," kata Faizal Nurathman.

BACA JUGA:DPRD Apresiasi Angka Stunting Kota Cirebon Turun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: