Prodi Sastra Jepang IPB Cirebon Buka Kesempatan Mahasiswa Magang di Jepang

Prodi Sastra Jepang IPB Cirebon Buka Kesempatan Mahasiswa Magang di Jepang

Prodi Sastra Jepang IPB Cirebon Buka Kesempatan Mahasiswa Magang di Jepang-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Institut Pendidikan dan Bahasa Cirebon atau IPB Cirebon membuka kesempatan yang selebar-lebarnya kepada mahasiswa yang ingin magang dan meniti karir di luar negeri. Melalui program Internship, mahasiswa IPB Cirebon, khususnya dari Program Studi (Prodi) Sastra Jepang bisa mengikuti program magang di Jepang, tanpa perlu menunda atau memperpanjang pendidikannya.

Kaprodi Sastra Jepang IPB Cirebon, Yanti Hidayati SPd MHum mengungkapkan bahwa program internship ini merupakan salah satu program unggulan Prodi Sastra Jepang dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Program internship ini tidak hanya digelar di dalam negeri, melalui program pemerintah melalui magang dan studi independen di mitra kerja perusahaan dan instansi pemerintah, tapi juga mencakup program magang di luar negeri.

"Alhamdulillah, sejauh ini kami sudah melaksanakan program internship, sejak 2018, 2019, 2022, dan di tahun 2023 ini, kami sudah melaksanakan tahapan administrasi dan wawancara dengan 4 perusahaan Jepang bidang Perhotelan yang sudah menjadi mitra kerja kami " Ungkap Yanti kepada Radar Cirebon.

BACA JUGA:AS Pasrah, Minuman Keras dari Warungnya di Leuwimunding Majalengka Disita Polisi

BACA JUGA:7 Jenis Channa Kerdil Ukuran 8 sampai 17 Senteimeter, Cocok Ditempatkan di Ruangan Kecil

Bukannya tanpa alasan, mengapa para mahasiswa yang mengikuti program magang  itu ditempatkan di perusahaan bidang perhotelan. Yanti menjelaskan, dengan melakukan magang di perusahaan perhotelan di jepang, mahasiswa diharapkan dapat mengasah kemampuan bahasa Jepangnya, baik secara lisan maupun secara tulisan.

"Mahasiswa juga belajar bekerja, sambil mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang dapatkan sudah mereka dapatkan selama mengikuti perkuliahan disini, " Jelasnya.

Untuk mengikuti program magang ke Jepang, seleksi yang dilakukan cukup ketat. Yanti menyebut, seleksi dilakukan secara langsung oleh perwakilan dari perusahaan dengan melihat kemampuan mahasiswa, terutama dari kemampuan Bahasa Jepangnya.

Mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi, kemudian menyiapkan sejumlah dokumen keberangkatan sambil menunggu Certificate of Eligible. Mereka akan menjalani program magang di Jepang selama setahun penuh.

BACA JUGA:Perjuangkan Dana Abadi Rp1 - 2 Triliun untuk Pesantren

BACA JUGA:Hingga Februari 2023, Performa Penjualan Daihatsu Naik 27,5%

Yanti mengungkapkan, dengan mengikuti program internship atau magang di Jepang, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Mahasiswa diantaranya dapat mengembangkan kompetensi mereka di bidang Bahasa Jepang baik secara lisan maupun secara tulisan.

Kemudian mereka juga bisa memahami secara langsung  budaya Jepang, yang sebelumnya mereka hanya bisa baca dan lihat di media saja. Kemudian, saat akan lulus, mahasiswa juga sudah mempunyai bekal untuk memasuki dunia industri di jepang.

BACA JUGA:3 Fakta Kasus Selebgram Ajudan Pribadi atau Muhammad Akbar hingga Ditangkap Polisi

"Banyak diantara mahasiswa yang selesai internship, melanjutkan bekerjanya di jepang. Jadi bisa langsung terserap ke industri, karena biasanya ada pengembangan karir di luar negeri, " Demikian dikatakan Yanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: