BENARKAH Investasi Emas Paling Aman? Ada 5 Kerugian yang Harus Diketahui Loh, Baca Satu Per Satu

BENARKAH Investasi Emas Paling Aman? Ada 5 Kerugian yang Harus Diketahui Loh, Baca Satu Per Satu

Kerugian dari investasi emas yang harus diketahui.-Logam Mulia/Ist-radarmajalengka.com

RADARCIREBON.COM - Bisnis emas memang kembali menjadi pergunjingan. Hal ini setidaknya setelah logam mulia tersebut mencatatkan kenaikan yang luar biasa tinggi dalam beberapa waktu terlahir ini.

Tercatat, sejak Rabu pekan lalu atau delapan hari terakhir, harga emas sudah melambung tinggi. Kenaikkannya pun luar biasa! Mencapai 5,98% atau nyaris 6%. Bahkan selama dua bulan setengah, harga emas di pasar dunia terus meninggi.

Lalu apakah bisnis emas itu menjanjikan dan paling aman? Ternyata anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Justru bisnis emas itu butuh kehati-hatian dan kewaspadaan tingkat dewa. Selain juga butuh kesabaran untuk selalu tahu perkembangan emas dunia dan lokal.

Sebagai contoh, jika peradangan emas selama dua bulan lebih ini menjulang tinggi. Ternyata ada latar belakang yang harus diketahui oleh pemain investasi emas.

BACA JUGA:Bank BTN Syariah Gelar MoU dengan Attaqwa Center, Attaqwa Launching Program Ramadhan

Tingginya harga emas masih sangat dipengaruhi oleh kekhawatiran pasar mengenai krisis perbankan di Amerika Serikat Krisis perbankan di Negeri Paman Sam tersebut sudah memakan korban Silicon Valley Bank (SVB), Silvergate Bank, dan Signature Bank.

Namun demikian, emas memang masih menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih. Alasannya karena memiliki risiko kerugian yang kecil. Dalam bahasa gampangnya investasi emas itu dinilai paling aman. 

Di Indonesia, salah satu produk emas yang diminati adalah buatan PT Aneka Tambang Tbk. Atau sering disebut emas Antam. Hanya saja di balik anggapan paling aman, ada sejumlah kerugian investasi emas Antam. 

Walau diakui, investasi emas kini tengah menjadi tren karena dapat dilakukan secara mudah. Apalagi sudah banyak platform digital yang menawarkan produk tabungan emas. Investasi model ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Sebab, dapat dimulai dengan modal uang kecil.

BACA JUGA:Kantor Baru Maybank di Cirebon Ada di Sini, Dekat dengan Kuliner Nasi Lengko

Dalam kondisi krisis global, misalnya, emas menjadi favorit investasi karena nilainya tetap terjaga meskipun sedang inflasi. Namun calon investor harus tahu seluk beluk investasi seperti ini. Termasuk jika ingin investasi emas Antam.

Investasi emas Antam tidak hanya selalu menawarkan keuntungan-keuntungan bagi investornya. Namun di balik itu juga ada kekurangan dalam investasi emas ini. Berikut beberapa kerugian yang bisa terjadi jika anda memilih investasi emas buatan Antam:

1. Penyimpanan Aman

Beda investasi emas dan saham adalah wujud atau bentuknya. Jika saham berbentuk dokumen yang bisa diakses secara digital. Sedangkan emas konvensional berwujud fisik atau barang disertai dengan sertifikat. 

Sumber: