Asyik! Dapat Bantuan Pemprov Ratusan Milyar, Pemkab Kuningan Pasang 7.060 Lampu PJU Tahun Ini

Asyik! Dapat Bantuan Pemprov Ratusan Milyar, Pemkab Kuningan Pasang 7.060 Lampu PJU Tahun Ini

Kepala Dinas Perhubungan Kuningan, Muhammad Mutofid memaparkan rencana pemasangan ribuan lampu PJU dalam program Kuningan Caang. -agus panther-Radarkuningan.com

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM -  Dinas Perhubungan memiliki gagasan baru yakni Program Kuningan Caang.

Dalam program ini akan mulai dipasang rinuan lampu penerangan jalan umum (PJU) sebelum Lebaran.

Tak hanya PJU konvensional, Pemkab Kuningan juga memasang lampu PJU tematik dengan desain yang sangat menarik di sejumlah lokasi. Terutama di Jalan Siliwangi hingga pusat kota.

Pemasangan ribuan lampu PJU ini anggarannya berasal dari Bantuan Keuangan Pemprov Jawa Barat. Total keseluruhan anggaran penyediaan lampu penerangan dalam program Kuningan Caang mencapai Rp126 miliar.

BACA JUGA:Siswa Sekolah Dasar Diberi Edukasi dan Simulasi Gempa, Andi: Tanamkan Kesiapsiagaan Bencana Sejak Dini

BACA JUGA:Beri Penyuluhan Hukum, Kejati Apresiasi LDII Jabar Bentuk Masyarakat Taat Hukum

Semua anggaran merupakan bantuan provinsi. Proses lelang sendiri sudah berjalan.

 Kabar baik lainnya, pemasangan lampu PJU bukan hanya di dalam kota dan ruas jalan menuju objek wisata saja, melainkan hingga ke desa-desa. Satu desa dan kelurahan di seluruh Kabupaten Kuningan juga akan dipasang PJU.
 
Satu desa dan kelurahan memperoleh jatah 10 titik pemasangan lampu penerangan jalan umum. Namun angka ini bisa saja berubah tergantung kondisi di lapangan.
 
Bahkan lampu PJU di jalan lingkar timur (Jalintim) dari Sampora sampai Garatengah yang kondisi tiangnya sudah karatan, akan diganti.

BACA JUGA:PENGUMUMAN Akhir Pekan, Harga Emas Hari Ini Ada yang Naik Sebelas Ribu Rupiah per Gram

BACA JUGA:Delapan Balon DPD RI Bakal di Vermin KPU
 
Begitu juga dari Garatengah hingga Ancaran akan ditambah jumlahnya. Dimana saat ini banyak lokasi di Jalintim yang belum dipasang lampu PJU.

Semua ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kuningan, Muhammad Mutofid. Pria kelahiran Kabupaten Cirebon itu menerangkan, sebelum Hari Raya Idul Fitri, pemasangan ribuan PJU sudah dikerjakan. Terutama terlebih dulu untuk pusat kota Kuningan.
 
"Insya Allah pengerjaan pemasangan lampu PJU mulai dilakukan April mendatang. Ini untuk seluruh Kabupaten Kuningan lho. Total lampu PJU yang akan dipasang sebanyak 7.060 titik. Rinciannya, PJU Oktagonal 6.632 titik dan Tematik sebanyak 428 buah," papar Mutofid, Sabtu 18 Maret 2023.

Dia menjelaskan, khusus untuk kawasan sekitar Masjid Syiarul Islam, bentuk PJU Tematik yang dipasang jelas berbeda dengan yang di Jalan Siliwangi maupun Taman Kota.

BACA JUGA:Pa Ada Kejanggalan Seleksi Calon Paskibra, Buntoro: sudah sesuai hasil pemeriksaan dari Tim Kesehatan

BACA JUGA:Sambut Ramadhan Rumah Zakat adakan bersih-bersih 1000 masjid se-Indonesia.
 
"Konsep lampu PJU Tematiknya lebih kepada nuansa Timur Tengah. Desainnya sangat bagus dan sangat cocok dipasang di kawasan Masjid Syiarul Islam," kata Mutofid.
 
Mutofid juga mengungkapkan bahwa pemasangan ribuan PJU ini juga memenuhi target 16 ribu PJU. Dimana saat ini sudah terpasang 9 ribu lebih lampu penerangan.
 
"Jika ditambah dengan yang tahun ini, berarti target yang dijanjikan Pak Bupati Acep, sudah terpenuhi. Karena lebih dari 16 ribu titik," ujarnya.

Dia menjelaskan, khusus untuk kawasan sekitar Masjid Syiarul Islam, bentuk PJU Tematik yang dipasang jelas berbeda dengan yang di Jalan Siliwangi maupun Taman Kota.

BACA JUGA:Wahyudi:Pemuda ICMI Kawal Pembangunan Cirebon dengan Sains
 
"Konsep lampu PJU Tematiknya lebih kepada nuansa Timur Tengah. Desainnya sangat bagus dan sangat cocok dipasang di kawasan Masjid Syiarul Islam," kata Mutofid.
 
Menurut Mutofid, dalam program Kuningan Caang ini, jalan menuju ibukota kecamatan, jalan antar desa, jalan perbatasan, dan jalan menuju objek wisata menjadi prioritas.
 
Semua lampu penerangan akan memakai jenis lampu LED. Tidak ada lagi lampu PJU konvensional seperti dulu.

"Kami juga akan memasang lampu PJU di jalan perbatasan. Misalnya perbatasan Kuningan-Cirebon, Cibingbin-Jawa Tengah, Kuningan-Majalengka dan titik lainnya. Mohon doa dan dukungannya agar program ini berjalan lancar. Dan masyarakat menikmatinya," sebut Mutofid. (Agus)

BACA JUGA:Mabes Polri Ingatkan Jajarannya: Jangan Bergaya Hidup Mewah Didepan Publik



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: