Siswa SD Pulasaren Berhamburan Keluar Kelas Sambil Membawa Kursi, Ada Apa ya?

Siswa SD Pulasaren Berhamburan Keluar Kelas Sambil Membawa Kursi, Ada Apa ya?

Siswa SD Pulasaren dilatih ketika terjadi gempa bumi hal hal yang mesti dilakukan ketika terjadi apa saja yang mesti dilakukan.-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Ratusan siswa komplek SDN Pulasaren mendadak berhamburan keluar kelas, tidak sekedar berlari keluar kelas, tapi siswa juga membawa kursi diatas kepala masing-masing begitu terdengar bunyi sirine, bahkan siswa terlihat histeris berteriak/teriak.

Aksi siswa tersebut adalah rangkaian simulasi penanggulangan bencana yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui program SPAB (Satuan pendidikan aman bencana). Siswa SD Pulasaren dilatih ketika terjadi gempa bumi hal hal yang mesti dilakukan ketika terjadi apa saja yang mesti dilakukan.

Kepala BPBD Kota Cirebon, Andi Wibowo menjelaskan, kehadiran BPBD di Komplek SDN pulasaren ini dalam rangka edukasi ketika terjadi bencana, dan BPBD melalui program SPAB.

Siswa dilatih langkah-langkah ketika terjadi bencana di sekolah mulai dari melindungi  diri dibawah meja hingga sikap tangan menutupi kepala dan leher. Dari simulasi ini, kata Andi, siswa sangat antusias, apalagi dari BPBD memberikan doorprise  ke siswa yang bisa menjawab pertanyaan.

BACA JUGA:BSI Resmikan Masjid di Bakauheni, Perkuat Kontribusi untuk Pertumbuhan Ekonomi

BACA JUGA:Ayah Rozak Restui Ayu Ting Ting dan Boy William, Tidak Harus Mualaf?

Edukasi pencegahan bencana ini, lanjut Andi sebenarnya digelar serentak  di 3 titik, pertama adalah komplek SDN Pulasaren, kedua di SMKN 2 Kota Cirebon dan SMA Edu Global school. "3 titik ini Dalam rangka sosialisiasi edukasi SPAB," kata Andi.

Langkah langkah melakukan upaya Mengantisipasi bencana di kota, menurut Andi,  maka BPBD mengedukasi ke sekolah sekolah. Harapannya masyarakat khususnya lingkungan  pendidikan faham  ketika terjadi banjir serta bencana lain.

Khususnya sekolah, kata Andi, khususnya sekolah  lantai lebih satu kita edukasi ketika terjadi gempa bumi, termasuk mengatur titik evakuasi.

Kepala SD Pulasaren 1 Siti Arfiah SPdI mengapresiasi kehadiran BPBD memberikan edukasi kepada siswa saat terjadi bencana,  siswa bisa praktek dari BPBD langsung, dan siswa sangat antusias  dalam antisipasi bencana. "Simulasi tadi gempa nanti akan di praktekan jika terjadi bencana," terangnya. (abd)

BACA JUGA:FajRi Juara All England 2023, Segini Hadiah Uang yang Berhasil Dibawa Pulang, Wow Banget..

BACA JUGA:Dedi Mulyadi ‘Kejar’ Muhammad Sabil ke Cirebon setelah Viral Komentar ‘Maneh’ di Postingan Ridwan Kamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: