Giliran DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Tolak Kedatangan Timnas Israel di Piala Dunia U-20

Giliran DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Tolak Kedatangan Timnas Israel di Piala Dunia U-20

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) bakal menggelar laga Timnas Indonesia vs Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Zona Asia, Kamis 21 Maret 2024 pukul 20.30 WIB.-Setkab.go.id-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Selain DPD PDI Perjuangan Jawa Barat yang menolak kedatangan Timnas U-20 Israel dalam di Piala Dunia U-20 di Indonesia.

DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta pun ikut menolak keikutsertaan tim nasional sepak bola Israel di Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan di Jakarta.

Menurut Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta Ady Widjaja mengungkapkan alasan pihaknya menolak Timnas Israel ialah sesuai dengan nilai dasar Pembukaan UUD 1945 yang menentang praktik kolonialisme atau imperialisme.

BACA JUGA:Daihatsu Berikan Edukasi Berkendara Aman kepada Pelanggan di Karawang

Hal itu didasari niat untuk melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

“Menolak keikutsertaan Timnas Sepak bola Israel dalam perhelatan Piala Dunia U-20, yang diselenggarakan di Jakarta,” ucap Ady dalam keterangannya, Kamis 23 Maret 2023.

Andy mengungkapkan, sejarah Indonesia dalam memainkan peran politik luar negerinya yang bebas aktif.

BACA JUGA:Apa Syarat, Rukun, dan yang Membatalkan Puasa? Inilah Fiqih Praktis dan Seluk-Beluknya

Hal ini bisa dilihat pada sikap yang tegas dengan meniadakan hubungan diplomatik pada negara yang melakukan praktik kolonialisme seperti Israel.

Dalam kesempatan ini, dia meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan Koordinasi dengan Pemerintah Pusat, Kementerian Pemuda dan Olahraga, PSSI dan semua pihak yang terlibat.

“Berkaitan dengan penyelenggaraan perhelatan Piala Dunia U-20 yang menekankan menolak kehadiran Timnas Israel,” kata dia.

BACA JUGA:Mitsubishi XFC Concept Diperkenalkan di Kota Bandung

Sebelumnya, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono menolak Timnas Israel masuk wilayah Jawa Barat pada Piala Dunia U-20 2023.

Ono Surono dengan tegas menyatakan, dirinya sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat menolak kedatangan Timnas Israel.

"Saya sebagai Ketua DPD Perjuangan Jawa Barat, anggota DPR RI serta warga Jawa Barat menyampaikan penolakan kehadiran Israel dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia," katanya dilansir dari JPNN.

Lebih lanjut, Ono juga mengajak warga Jawa Barat untuk memiliki kepekaan kemanusiaan atas penjajahan yang terjadi di Palestina oleh Israel.

"Saya juga mengajak masyarakat Jawa Barat dan Indonesia untuk bersama-sama menyampaikan aspirasi kepada Pemerintah Indonesia untuk menolak kehadiran Timnas Bola U20 Israel di Indonesia," kata Ono.

BACA JUGA:Heboh Penggerebekan Narkoba di Pendopo Bupati Indramayu, Dengar Jawaban Lucky Hakim

Ono menambahkan, dari dulu hingga sekarang tidak ada hubungan diplomatik antara Indonesia dan Israel, dan secara resmi seringkali Presiden Republik Indonesia mengutuk aksi kejahatan dan penjajahan Israel terhadap Palestina.

Terlebih, ujar Ono, Bung Karno mempunyai prinsip, 'tidak akan mengakui Israel sebelum memerdekakan Palestina'.

Apabila Indonesia menerima kehadiran Israel, maka sama halnya mengakui dan menyetujui perbuatan Israel atas Palestina.

BACA JUGA:Geger Postingan Ridwan Kamil Soal Jalan Rusak, Kepala Dinas Bina Marga Langsung Buka Suara

Untuk diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 di mana pertandingannya juga akan digelar di wilayah Jawa Barat.

Selain Jawa Barat, ada lima provinsi lainnya yang akan menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-20. Antara lain , DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Sumatra Selatan. (jun)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase