Perjalanan Wisata Rihlah Oman - Turki: 3 Hari Berpuasa Ramadhan di Istanbul

Perjalanan Wisata Rihlah Oman - Turki: 3 Hari Berpuasa Ramadhan di Istanbul

Dr H Ferry Muhammadsyah Siregar, LC MA, Kepala Madrasah Aliyah Unggulan Bina Insan Mulia 2019-2021, Kepala Sekolah SMA Unggulan Bina Insan Mulia 2022, dan Direktur International Study Center (ISC) Pesantren Bina Insan Mulia Cirebon 2021-2022--

Oleh: Dr H Ferry Muhammadsyah Siregar

ISTANBUL, RADARCIREBON.COM - Berkeliling mengunjungi komplek Mesjid Fatih, Komplek Mesjid Eyup Sultan (Sahabat Nabi Abu Ayyub Al-Anshari) sambil menaiki Teleferik Istanbul dengan pemandangan panorama lanskap kota Istanbul dan selat Bosforus.

Tidak lupa melihat-lihat toko-toko buku yang berada di sekitar komplek depan Universitas Istanbul.
Di Istanbul ini, Dr H Ferry Muhammadsyah Siregar selalu penulis dan beberapa rekan sudah memasuki 2-3 harian suasana Bulan Puasa Ramadhan dengan cuaca musim dingin sekitar 5-7 derajat celcius. Waktu subuh dan makan sahur sekitar pukul 05.30-06.30 waktu Istanbul.

Sementara magrib dan waktu berbuka sekitar pukul 19.30 waktu istanbul. Sholat isya dan taraweh di Mesjid Taksim Square Istanbul (wilayah eropa) dan Mesjid di Uskudar Istanbul (wilayah Asia).

Hari ini (25 Maret 2023), saya dan ust.Azis akan menuju ke kota Muscat Oman dan balik ke Jakarta.
Rombongan wisata Oman-Turki dan Umrah Turki Asatidz Guru BIMA terdiri dari Ust.Aru, Ust.lili Thoyyibin, Ust.Hasyim, Ust.Azis, Ustadzah Zahro, dan saya.

Paket Wisata ini merupakan hadiah dan bonus dari KH. Iman Jazuli LC.MA pengasuh sekaligus founder Pesantren Bina Insan Mulia Cirebon Jawa Barat.

BACA JUGA:Pertamina Revinery Unit VI Balongan Terbuka Terhadap Aspirasi Buruh

BACA JUGA:Pelaku Tusuk Teman Minumnya di Tanah Abang Ditangkap, Motifnya Sakit Hati

Kami ditemani Faisal, Mellati, Asih, Mughni, tasya, nasrul hidayat, refaldi, ezar dkk alumni Pesantren Bina Insan Mulia yang sedang melanjutkan kuliah S1 di Istanbul University dan kampus lainnya di Turki.

Saat ini, Terdapat sekitar 50 lebih alumni SMK/MA Pesantren Bina Insan Mulia yang sedang melanjutkan di Universitas dan Kampus di wilayah Turki.

Sejak beberapa tahun silam, Inisiasi program 1000 santri Internasional Pesantren Bina Insan Mulia dicanangkan oleh KH. Imam Jazuli LC.MA pendiri dan pengasuh Pesantren Bina Insan Mulia (BIMA).

Hingga 2023 ini, jumlah alumni Pesantren Bina Insan Mulia yang melanjutkan S1 ke luar negeri sekitar 300-400 alumni BIMA yang tersebar di Universitas dan Kampus di Turki, Mesir, Oman, Sudan, Tunisia, Taiwan, Thailand, serta Australia. Setiap tahun jumlah yang melanjutkan ke Luar Negeri terus bertambah berada di angka 70-90 persen.

BACA JUGA:PLN Komitmen Wujudkan Proyek PLTA Cisokan

BACA JUGA:Ramadan Tahun Ini, Vino G Bastian Berusaha Berbuka Puasa Bersama dengan Keluarga

Bila tahun 2023 ini jumlah santri santriwati Pesantren Bina Insan Mulia berada di angka  4-5 ribuan, maka dalam 6 tahun kedepan, jumlah alumni  santri Internasional akan berada di angka ribuan juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: