Penukaran Uang Baru BI Cirebon Tersedia di 136 Titik, Pastikan Jadwalnya di Sini

Penukaran Uang Baru BI Cirebon Tersedia di 136 Titik, Pastikan Jadwalnya di Sini

Seremonial Penukaran Bersama jelang Hari Raya Idul Fitri dengan pelepasan Mobil Kas BI dan Bank di Kantor KPw BI Cirebon. Foto:-Apridista Siti Ramdhani-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Antusias masyarakat untuk melakukan penukaran uang baru kerap terjadi menjelang momen Hari Raya Idul Fitri.

Guna memenuhi kebutuhan tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw) BI Cirebon bekerjasama dengan perbankan menyediakan layanan penukaran uang di 136 titik mulai 27 Maret 2023 hingga 20 April 2023.

Kini penukaran juga bisa dilakukan melalui QRIS sehingga masyarakat tak perlu membawa uang tunai terlebih dahulu.

Kepala KPw BI Cirebon, Hestu Wibowo menuturkan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Ciayumajakuning, KPw BI Cirebon menyiapkan uang tunai sebesar Rp3,74Trihun.

Nominal proyeksi tersebut sedikit menurun dari realisasi tahun 2022 sebesar Rp4Triltun, yang disebabkan penurunan proyeksi kebutuhan Uang Pecahan Besar (UPB) dari Rp3,44Triltun menjadi Rp2,95Triliun.

Adapun proyeksi Uang Pecahan Kecil (UPK) tercatat meningkat dar realisasi Rp0,57Trihun menjadi Rp0,79Triltun.

BACA JUGA:Mitsubishi XFC Concept Hadir di Kota Surabaya, Jawa Timur

BACA JUGA:Chery Serahkan 100 unit OMODA 5 Pada Awal April

BACA JUGA:Perampok Sadis di Cilacap, Usai Kabur Balik Lagi ke TKP

Rincian proyeksi kebutuhan uang pada periode Lebaran 2023 (Maret — April) senilai Rp3,74Triltun tersebut terdiri dari Rp3,68Trillun proyeksi kebutuhan melalui perbankan dan Rp60 Miliar proyeksi kebutuhan melalui layanan Kas.

Pemenuhan kebutuhan uang untuk Perbankan, terutama UPK Hasil Cetak Sempurna (HCS), telah dilaksanakan sejak Minggu ke 2 Bulan Maret sebagai modal Perbankan untuk memenuhi kebutuhan uang masyarakat pada Periode Ramadan dan Lebaran.

"penurunan proyeksi kebutuhan UPB bukan karena menurunya minat masyarakat, namun lebih banyak masyarakat yang menggunakan layanan tarik tunai di ATM untuk mendapatkan UPB," jelasnya.

Di luar 136 titik layanan penukaran di perbankan tersebut, terhitung mulai 27 Maret 2023 hingga 18 April 2023, Bank indonesia Cirebon juga menyediakan opsi layanan penukaran uang melalui kas keliling di pusat keramaian seperti pasar dan pusat perbelanjaan/mall.

Selanjutnya pada periode 10 hingga 18 April 2023, KPw BI Cirebon bekerjasama dengan perbankan wilayah Cirebon akan melakukan layanan kas keliling bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: