Kabupaten Cirebon Juga Diterjang Banjir, Air Setinggi Perut Orang Dewasa

Kabupaten Cirebon Juga Diterjang Banjir,  Air Setinggi Perut Orang Dewasa

Petugas sedang mengevakuasi warga yang terdampak banjir di wilayah Kabupaten Cirebon, Kamis 30 Maret 2023.-Istimewa-

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Tidak hanya wilayah Kota Cirebon saja yang mengalami bencana banjir akibat hujan deras yang disebabkan siklon tropis Herman ini.

Sejumlah titik di wilayah Kabupaten Cirebon juga mengalami hal serupa, seperti di wilayah Kecamatan Talun, Tengah Tani, Plered, Weru dan Kedawung.

BACA JUGA:Siklon Tropis Herman Penyebab Hujan Deras di Kota Cirebon dan Sekitarnya

Seperti halnya yang terjadi di Desa Setu Wetan, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon. Air masuk ke pemukiman warga akibat hujan yang mengguyur cukup deras dari sore hingga malam ini, Kamis 30 Maret 2023.

Berdasarkan laporan Babinsa Desa Setu Wetan, Koptu Jeri bahwa banjir menggenangi Blok Grewal. Tinggi air bajir sudah sampai perut orang dewasa.

“Hampir semua pemukiman di blok Grewal mengalami banjir parah,” ucapnya dalam sebuah video yang tersebar di sejumlah grup WhatsApp.

BACA JUGA:Hujan Deras, Sungai Kriyan dan Suba Meluap, Pemukiman Warga Digenangi Air

Tidak hanya itu, sejumlah titik banjir juga tersebar di sejumlah Desa, antara lain Pilangsari, Kecamatan Kedawung. Kemudian, Desa Batembat dan Dawuan Kecamatan Tengah Tani.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan deras yang mengguyur wilayah Cirebon dan sekitarnya ini disebabkan oleh adanya siklon tropis Herman.

Siklon tropis Herman terpantau di Samudera Hindia sebelah selatan Banten, dengan kecepatan angin maksimum 55 knot dan tekanan udara minimun sebesar 987 mb, bergerak kearah timur-tenggara.

BACA JUGA:Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Sekjen PDI Perjungan: Kami Hanya Menolak Israel

Diperkirakan intensitas siklon tropis Herman menurun dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah timur - tenggara menjauhi Indonesia.

Dampak dari adanya pergerakan siklon tropis Herman menuju arah timur adalah terjadinya bencana hidrometeorologi, seperti hujan deras yang berlangsung saat ini. (jun)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase