Ridwan Kamil: PIN Polio Merupakan Perwujudan Bela Negara

Ridwan Kamil: PIN Polio Merupakan Perwujudan Bela Negara

Ilustrasi imunisasi-Ist-

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Kementerian Kesehatan RI bersama Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menggelar Advokasi dan Sosialisasi Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio Jawa Barat di Courtyard Marriot Dago, Kota Bandung, Rabu 29 Maret 2023.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam arahannya berharap dengan adanya Advokasi dan Sosialisasi Sub PIN Polio ini, capaian imunisasi di daerahnya semakin meningkat serta pelaksanaannya sukses dengan cakupan lebih dari 95 persen. 

"Pelaksanaan imunisasi merupakan perwujudan komitmen kita dalam bela negara," kata Gubernur Ridwan Kamil, yang disampaikan Sekda Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja. 

BACA JUGA:Percaya Teori Konspirasi, Satu Keluarga Bunuh Diri di Swiss

Imunisasi melindungi warga negara Indonesia dari berbagai Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) seperti polio, difteri, hepatitis, pertusis, tetanus dan campak-rubella

"Imunisasi juga faktor dalam mencegah anak stunting. Dengan imunisasi masyarakat Indonesia akan hidup sehat, kuat, unggul, dan dapat menjadi modal awal bagi sebuah bangsa maju dan bermartabat," ucap Ridwan Kamil. 

"Hal ini sejalan dengan pembangunan nasional bidang kesehatan pada RPJMN 2020-2024," imbuhnya. 

BACA JUGA:Hore! Guru dan Dosen yang Tidak Dapat Tunker Bakal Diguyur THR

Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, Indonesia dinyatakan telah bebas dari polio sejak tahun 2014, dan Indonesia juga diharapkan dapat mempertahankan status bebas polio dalam rangka mewujudkan dunia bebas polio tahun 2026. 

"Beberapa tahun terakhir, selama kurang lebih dua tahun pandemi COVID-19, semua aspek mengalami dampak yang berarti, termasuk pada sektor kesehatan terutama layanan kesehatan dasar masyarakat, yakni imunisasi," tuturnya. 

Menurut data dari Kementerian Kesehatan, Indonesia mengalami penurunan cakupan imunisasi dasar dari tahun 2020-2021 dengan gap sekitar 9 persen di mana sekitar 1,7 juta anak yang tidak mendapat imunisasi sejak 3 tahun terakhir. 

BACA JUGA:Presiden Jokowi Minta Pecinta Sepakbola Tanah Air Hormati Keputusan FIFA

Capaian imunisasi dasar lengkap Provinsi Jawa Barat pada 2020 sebesar 87,4 persen dan tahun 2021 sebesar 89,9 persen. 

Sedangkan pada 2022 capaian imunisasi dasar lengkap di Jawa Barat sudah lebih baik, yakni mencapai 107 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase