Dishub Kota Cirebon Lakukan Rampcheck Bus Angkutan Lebaran 2023, Begini Hasilnya

Dishub Kota Cirebon Lakukan Rampcheck Bus Angkutan Lebaran 2023, Begini Hasilnya

Dishub Kota Cirebon melaksanakan pemeriksaan kendaraan atau rampcheck bagi bus angkutan mudik lebaran, Jumat 31 Maret 2023.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Menjelang periode Angkutan Lebaran 2023, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon melaksanakan pemeriksaan kendaraan atau rampcheck bagi bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP), dan Pariwisata.

Rampcheck tersebut dilakukan untuk memastikan angkutan umum yang digunakan untuk angkutan mudik lebaran betul-betul laik jalan.

BACA JUGA:Geledah Rumah Rafael Alun Trisambodo, KPK Temukan Sejumlah Barang Branded

Rampcheck meliputi pemeriksaan rem, ban, bola-bola stir dan komponen lainnya serta juga pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan dan pengecekan kesehatan bagi para awak bus.

Kegiatan rampcheck tersebut dipimpin langsung Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon H Agus Mulyadi didampingi Komandan Kodim (Dandim) 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Robil Syaifullah, Kadishub Kota Cirebon Andi Armawan, Kasar Lantas Polres Cirebon Kota AKP Triyono, Kadinkes Kota Cirebon dr Siti Maria, dan Kepala Terminal Harjamukti Imam Bukhori.

BACA JUGA:Jokowi Resmikan KEK Lido City, Ridwan Kamil: Puluhan Ribu Lapangan Kerja Menanti

BACA JUGA:Mantan Presiden AS Donald Trump Didakwa Terkait Penipuan Usaha dan Suap

Dalam kegiatan tersebut, Sekda Kota Cirebon H Agus Mulyadi berdialog dengan awak bus dan memeriksa kesiapan armada yang akan digunakan angkutan mudik lebaran 2023.

Selanjutnya, Sekda menempelkan stiker tanda bahwa bus layak jalan untuk angkutan mudik lebaran.

"Kita sudah melihat baik dari sisi kesiapan personel kru yang akan melakukan operasional kendaraannya. Alhamdulillah hasilnya laik dan mampu untuk melakukan perjalanan.”

BACA JUGA:Gempa Bumi 5 Magnitudo Guncang Selatan Bali Tadi Sore, Berikut Dearah yang Terdampak

BACA JUGA:MURKA! Kantor BPR KR Indramayu Disegel Warga, Dirantai dan Digembok

BACA JUGA:Dewan Pemuda dan Olahraga Palestina Anggap Indonesia Korban Ketidakadilan FIFA

“Pemeriksaan atau rampchek ini merupakan bagian dari upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas, khusunya di masa mudik dan balik Lebaran 2023 ini, serta untuk menjamin masyarakat bisa melakukan pergerakan baik arus mudik maupun arus balik dapat berjalan dengan baik," ujar Sekda Kota Cirebon H Agus Mulyadi, Kamis 31 Maret 2023.

Masih kata sekda, Terminal Harjamukti Kota Cirebon mendapat alokasi program mudik gratis dari pemerintah sebanyak 10 bus.

"Alhamdulillah, Terminal Harjamukti dapat alokasi program mudik gratis sebanyak 10 kendaraan bus dari Jakarta.”

“Dan tadi informasi sudah habis (pendaftaran mudik gratis). Melihat pemerintah memajukan cuti bersama itu bisa membagi beban harian agar tidak terjadi penumpukan kendaraan saat arus mudik," katanya.

BACA JUGA:Begini Sikap Palestina Setelah Indonesia Berurusan dengan FIFA dan Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Selama arus mudik dan balik nanti, lanjut Agus, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk terus memantau kesehatan wak bus setiap hari.

“Pada H-10 sampai H+10 kami akan menyediakan fasilitas pemeriksaan kesehatan untuk awak bus di Terminal Harjamukti," ujarnya.

BACA JUGA:Erick: Masalah Keamanan Menjadi Sorotan FIFA

Sementara itu, Kepala Terminal Harjamukti Kota Cirebon Imam Bukhori mengatakan, ada 250 armada bis dari semua Perusahaan Otobus (PO) yang siap melayani pemudik pada masa angkutan lebaran 1444 Hijriah di Terminal Harjamukti ini.

"Jumlah armada, ada 250 armada, terdiri dari 150 armada reguler, dan 100 armada cadangan,. 250 armada bus yang disiapkan semuany adalah bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), diluar jumlah bis Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP)," katanya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase