Berkaca Pada Pengalaman PSU, Petugas Pantarlih Kesenden Gelar Rapat Pleno Terbuka

Berkaca Pada Pengalaman PSU, Petugas Pantarlih Kesenden Gelar Rapat Pleno Terbuka

Petugas Pantarlih Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan gelar rapat pleno terbuka.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dalam rangka menyukseskan agenda lima tahunan yakni pemilihan umum (Pemilu) 2024, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan gelar rapat pleno terbuka.

Rapat pleno yang dipimpin langsung Lurah Kesenden Ruliyanto tersebut berlangsung di aula lantai 2 kantor Kelurahan Kesenden, Jumat sore 31 Maret 2023.

BACA JUGA:Ingin Ambil Sandalnya yang Hanyut, Bocah Asal Desa Cikeusal Gempol Tewas Terpleset ke Sungai

Hadir dalam rapat pleno tersebut para anggota PPK dan PPS tingkat Kelurahan Kesenden, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Kesenden, Baswaslu, Para Petugas Pemutahiran Data Pemilih (Pantarlih), wartawan serta para pengurus partai politik peserta Pemilu 2024.

"Jumlah pemilih untuk di Kesendan itu sendiri sekitar 10 ribuan, dan itu harus disosialisasikan kepada para peserta pemilu sehingga mereka mengetahui tahapan-tahapannya.”

BACA JUGA:Pembuat Status WhatsApp Barang Bukti Baju Bekas Impor yang Viral Sedang Diburu Polisi, Ada Apa?

“Nanti juga akan ada lagi tahapan berikutnya dari KPU," ujar Lurah Kesenden Ruliyanto kepada radarcirebon.com ditemui usai rapat.

Ruli mengatakan, data jumlah pemilih tersebut masih bersifat sementara.

"Jumlah itu masih sementara dan belum final. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir apabila belum terdata sebagai pemilih.”

BACA JUGA:Waduh! Pemuda Jakarta Tewas Ditabrak Mobil Pengemudinya Diduga Anak Pejabat

“Jika belum terdaftar segera dikomunikasikan dengan PPS di tingkat Kelurahan, kemudian di tingkat kecamatan dan tingkat kota.”

“Sehingga semua dapat terdata dan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum di 2024 nanti mudah-mudahan relatif tinggi sehingga bisa menciptakan suatu pemilu yang berkualitas," katanya.

Menurut Ruli, Pemilu sebelumnya Kesenden merupakan salah satu wilayah yang melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

BACA JUGA:Tuh FIFA Baca! Israel Tembak Warga Palestina di Depan Pintu Utama Masjid Al-Aqsa

"Belajar dari kejadian pemilu sebelumnya (PSU), kita coba antisipasi dengan dengan cara tertib administrasi, tertib sosialisasi dan tertib penyelenggaraan.”

“Itu yang kita coba sinergiskan antara Kelurahan dengan PPS dan PPK, Bawaslu serta lainnya," ucapnya.

Lurah Kesenden mengajak seluruh komponen masyarakat untuk tetap menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban sehingga di Kelurahan Kesenden tetap kondusif.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Respons Aspirasi Warga Soal Perbaikan Jalur Lingkar Selatan Sukabumi: Sedang Kita Perbaiki

"Saya titipkan kepada para peserta pemilu dan masyarakat di Kelurahan Kesenden agar tetap menjaga konduaifitas keamanan.”

“Apapun perbedaannya dan apapun pilihannya itu suatu konsekuensi era demokrasi, tapi jangan sampai kita mengorbankan nilai-nilai persaudaraan dan kekeluargaan," pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase