Semakin Mengerucut, PDI Perjuangan Membuka Ruang Komunikasi dengan KIB dan KIR

Semakin Mengerucut, PDI Perjuangan Membuka Ruang Komunikasi dengan KIB dan KIR

Logo PDI Perjuangan--

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Kabar mengejutkan datang dari kader PDI Perjuangan terkait rencana koalisi partai politik menjelang pemilu dan pemilihan presiden 2024 mendatang.

Menurut Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah, partainya membuka ruang komunikasi politik dengan koalisi besar partai politik saat ini.

BACA JUGA:Saat Safari Ramadhan di Kota Cirebon, Wakil Gubernur Jawa Barat Sampaikan Hal Ini…

Koalisi besar yang dimaksud kader PDI Perjuangan tersebut adalah Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

Dikatakan Said, saat ini PDI Perjuangan terus berupaya menjalin kerja sama politik dengan partai-partai politik yang merupakan anggota KIB dan Koalisi KIR.

Said menerangkan, PDI Perjuangan sejak awal memang akan bergotong royong, bersama-sama dengan kekuatan lain untuk bekerja sama.

BACA JUGA:Takjiah ke Rumah Duka, Bupati Kuningan Sampaikan Ucapan Belasungkawa dan Permohonan Maaf

Baik dengan Patai Golkar, PPP, PAN, Gerindra, dan PKB. "Makanya, Mbak Puan (Puan Maharani) juga bersilaturahmi," kata Said, Senin 3 April 2023, dilansir dari fin.co.id.

Menurut Said, rencana koalisi besar yang merupakan gabungan KIB dan Koalisi KIR bisa meringankan beban tantangan Pemilu 2024.

Diketahui, KIB yang terdiri atas Partai Golkar, PAN, dan PPP. Kemudian untuk Koalisi KIR terdiri atas Partai Gerindra dan PKB.

BACA JUGA:Begini Kronologi Siswa SD Asal Halimpu Beber Tewas Tenggelam di Kolam

"Ya, semakin baik dan semakin ringan beban kalau dipikul bersama, karena tantangannya ke depan juga tidak semakin ringan. Kan setiap periode, setiap pemimpin punya tantangan yang berbeda," jelasnya.

Meski demikian, dia menegaskan sejauh ini PDI Perjuangan masih konsisten mengusung kader partainya sebagai bakal calon presiden (capres).

"PDI Perjuangan sampai hari ini tetap mengusung kader sendiri, confirmed. Tidak akan noleh kanan-kiri, walaupun tetap akan bekerja sama dengan kekuatan parpol lain," tuturnya.

Said juga optimistis bahwa rencana pembentukan koalisi besar tidak serta merta menjamin kemenangan pada Pilpres 2024.

BACA JUGA:Begini Kronologi Siswa SD Asal Halimpu Beber Tewas Tenggelam di Kolam

"Tidak menjamin kemenangan, yang menentukan kemenangan itu yang pertama tentu figur, kemudian soliditas partai," imbuhnya.

Dia menjelaskan PDI Perjuangan tetap membuka komunikasi dan terus melakukan silaturahmi politik dengan partai-partai politik lainnya.

"Insya Allah PDI Perjuangan selalu berkomunikasi. Lebih-lebih terus digencarkan, baik oleh Pak Sekjen (Hasto Kristiyanto) maupun silaturahmi oleh Mbak Puan," ucapnya.

 BACA JUGA:Siswa SD Warga Halimpu Beber Tenggelam di Kolam Ikan

Terkait ketidakhadiran Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri ke acara silaturahmi Ramadhan di Kantor DPP PAN, Jakarta, Minggu 2 April 2023, Said menjelaskan Megawati sedang berada di luar negeri.

"Kalau kemarin, kebetulan PDI perjuangan tidak hadir karena memang (ketua umum) kami ada di luar negeri," pungkasnya. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase