PDI Perjuangan Sepakat Gabung dengan Koalisi Besar, Tapi Ada Syaratnya

PDI Perjuangan Sepakat Gabung dengan Koalisi Besar, Tapi Ada Syaratnya

Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani setuju dengan wacana pembentukan koalisi besar yang memiliki cita-cita dan tujuan yang sama.-Ist-radarcirebon.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Setelah melalui proses perhitungan politik yang panjang, akhirnya PDI Perjuangan tak sungkan untuk bergabung dengan koalisi besar.

Koalisi besar yang dimaksud adalah koalisi politik yang digagas Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

BACA JUGA:Duh, Jalur Pantura Indramayu Belum Siap Dilewati Pemudik, Masih Ada Perbaikan di Sejumlah Ruas

“Nggak ada keberatan. Kemarin itu kami PDI Perjuangan itu diundang dan memang berhalangan hadir, nggak ada yang mengatakan bahwa kami nggak mau ikut bersilaturahmi atau kami tidak diikutkan,” ujar  Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta, pada Rabu 5 April 2023.

Sebelumnya Puan Maharani  yang juga Ketua DPR mengaku setuju dengan wacana pembentukan koalisi besar yang memiliki cita-cita dan tujuan yang sama.

"Koalisi itu sebenernya bisa dilakukan, jika kemudian visi dan misi atau kemudian cita-cita dari semuanya itu bersepakat untuk sama-sama bisa melakukannya.”

BACA JUGA:Pisah Sambut Kapolres Majalengka, AKBP Edwin Jadi Wadirlantas Polda Jabar

“Jadi ya setuju kalau memang itu dilakukan dengan cita-cita dan visi-misi yang sama untuk Indonesia," katanya di Kompleks Parlemen Senayan, sehari sebelumnya.

Dia mengungkapkan bahwa PDI Perjuangan intinya akan terbuka dan siap bersilaturahmi dengan siapapun.

“PDI Perjuangan intinya, siap bersilaturahmi dengan siapapun,” sambungnya.

BACA JUGA:Sunjaya 'Si Raja Tega', Apa Bedanya dengan Wowon dan Mbah Slamet?

Terkait ketidakhadiran PDI Perjuangan pada acara Silaturahmi Ramadan di DPP PAN pada Minggu, 2 April 2023, Puan mengatakan saat itu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berhalangan hadir.

Sementara, ditempat terpisah politisi PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko mengatakan ketua umum Megawati Soekarnoputri setuju gabung koalisi besar namun dengan syarat.

Dikatakan Budiman, syarat utama PDI Perjuangan bergabung dalam koalisi besar, yaitu capres akan datang dari PDI Perjuangan.

BACA JUGA:Sunjaya 'Si Raja Tega', Apa Bedanya dengan Wowon dan Mbah Slamet?

"Tentu saja sebagaimana dikatakan Ibu Ketum, tentu targetnya PDI Perjuangan RI 1. Wajar kan. Artinya itu sudah ditegaskan Bu Ketum Megawati bahwa PDI Perjuangan bersedia untuk masuk koalisi besar, tentu saja yang perlu ditegaskan target PDI Perjuangan adalah RI 1. RI 2-nya terbuka bagi yang lain," katanya, Selasa 4 April 2023 lalu.

Ditegaskannya, pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani soal koalisi besar sudah sesuai dengan logika politik partainya.

BACA JUGA:Embat 562 Tabung, Spesialis Pencuri Tabung Gas Elpiji Dibekuk

PDI Perjuangan membutuhkan koalisi untuk memenangkan pertandingan, walaupun bisa maju sendiri.

"Membangun koalisi besar, PDI Perjuangan meskipun secara konstitusional bisa jalan sendiri, tapi lebih banyak lebih baik.”

“Tapi untuk memenangkan pertarungan butuh kekuatan yang besar. Ini saya pikir PDI Perjuangan bukan partai yang menutup diri," pungkasnya. (jun)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase