Subhanallah! Gerhana Matahari Hibrida Bakal Terjadi di Akhir Ramadhan

Subhanallah! Gerhana Matahari Hibrida Bakal Terjadi di Akhir Ramadhan

Ilustrasi gerhana matahari-Joseph Woodall-Pixabay

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Siap-siap, sebagian besar wilayah Indonesia di penghujung bulan Ramadhan akan melihat fenomena alam gerhana matahari.

Fenomena alam ini bukan sembarang, karena dikategorikan sebagai gerhana matahari hibrida.

Gerhana matahari hibrida akan terjadi pada di penghujung Ramadhan tepatnya 20 April 2023 

BACA JUGA:Wabup Ayu Optimis Angka Stunting Bisa Terus Ditekan, Begini Caranya

Dosen Astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB) Premana W Premadi menjelaskan, gerhana matahari hibrida utamanya berupa gerhana matahari sebagian dan gerhana matahari total di wilayah Indonesia.

"Peristiwa yang jarang dan tentunya Indonesia beruntung sekali bisa mendapatkan gerhana matahari total," ujarnya di Planetarium dan Observatorium Jakarta (POJ), Cikini, Jakarta Pusat, Kamis 6 April 2023.

Premana yang menjabat selaku Kepala Observatorium Bosscha itu mengatakan fenomena gerhana matahari total berikutnya akan kembali melintasi Indonesia pada 2042.

BACA JUGA:Prabowo Terima Kunjungan Yusril, Apa Saja yang Dibahas?

Menurutnya, gerhana matahari total menarik dari berbagai aspek sebab fenomena itu tak hanya unik tetapi juga indah dan juga sudah dikenali masyarakat di dunia dalam berbagai peradaban.

"Kita pun secara astronomi bisa menghitung ke depan maupun ke belakang kapan saja pernah terjadi gerhana dan kapan lagi akan terjadi gerhana," kata Premana.

Dikatakan bahwa peristiwa gerhana penting untuk dipelajari sebagai bagian dari sains, terutama gerhana matahari total sebab ketepatan waktu dan ketepatan posisi dapat dihitung dengan sangat seksama.

BACA JUGA:Soal Potensi Mudik Lebaran 2023, Nih Hasil Survei Dishub Jabar Cukup Mencengangkan

"Itu merupakan kesempatan untuk belajar sains, belajar matematika yang sangat unik," kata Premana.

Gerhana matahari terjadi saat bulan melintas di antara matahari dan bumi, sehingga cahaya matahari terhalang sebagian atau seluruhnya oleh piringan bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase