OTT di Semarang dan Jakarta Tak Menyurutkan Dewas, Tetap Periksa Firli Bahuri

OTT di Semarang dan Jakarta Tak Menyurutkan Dewas, Tetap Periksa Firli Bahuri

Firli Bahuri-KPK-radarcirebon.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Ternyata operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Semarang dan Jakarta, tidak menyurutkan dewan pengawas (Dewas) untuk memeriksa Firli Bahuri.

Ketua KPK ini akan diperiksa oleh Dewas KPK hari ini. Pemeriksaan Firli Cs itu terkait dengan pencopotan Brigjen Endar Priantoro dari jabatan Direktur Penyelidikan KPK.

Padahal ketika sedang dilanda isu ketidakpercayaan dari para penggiat anti-korupsi, KPK justru menunjukkan tajinya. 

Lembaga anti-rasuah yang dipimpin Firli Bahuri ini kembali melakukan OTT. Kali ini KPK melakukan OTT di Semarang dan Jakarta.

BACA JUGA:Mau Mudik Gratis Naik Kapal Perang? Berikut Ini Jadwalnya

OTT itu terkait paket pekerjaan tender track layout (TLO) Stasiun Tegal. Sejumlah orang dan barang bukti telah diamankan pada Selasa kemarin. Namun informasi OTT baru ramai pada Selasa malam.

Tentang OTT itu juga dibenarkan oleh Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron. Menurutnya KPK telah melakukan giat tangkap tangan Selasa siang kemarin.

Nurul Ghofron juga menyebutkan giat OTT itu dilakukan di Semarang Jawa Tengah dan Jakarta. Pihaknya juga sedang memeriksa pihak-pihak yang terjaring OTT.

Dari OTT itu, penyidik telah mengamankan barang bukti. Diantaranya uang tunai sekitar Rp350 juta. Juga ATM yang berisi saldo sekitar Rp300 juta. Selain itu ada uang Rp900 juta. Sejumlah uang tersebut, diduga akan diberikan kepada PPK setempat. 

BACA JUGA:OBRAL Diskon, BSI OTO SHOW RAMADAN Hadir di Grage Mall Cirebon

Setidaknya ada lebih dari empat orang turut diamankan. Saat ini mereka masih dimintai keterangan di Polrestabes Semarang.

Namun prestasi OTT KPK tersebut tidak menyurutkan Dewas. Hari ini Dewas bakal memeriksa pimpinan KPK, termasuk ketuanya, Firli Bahuri. Pemeriksaan itu terkait dengan pencopotan Brigjen Endar Priantoro dari jabatan Direktur Penyelidikan. 

Tentang pemeriksaan Firli hari ini dibenarkan oleh pimpinan Dewas. “Benar," kata Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean kepada wartawan, Rabu (12/4/2023).

Ketika ditanya apakah termasuk Firli yang diperiksa juga dibenarkan oleh anggota  Dewas KPK Syamsuddin Haris. Menurut dia, pimpinan KPK akan diperiksa dimulai pukul 11.00 WIB ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: