Claudia Emmanuela, Musisi Asal Cirebon Pukau Presiden Jokowi dan Kanselir Jerman di Hannover Messe 2023

Claudia Emmanuela, Musisi Asal Cirebon Pukau Presiden Jokowi dan Kanselir Jerman di Hannover Messe 2023

Claudia Emmanuela Santoso tampil di Opening Ceremony Hanovver Messe 2023, disaksikan Presiden RI, Joko Widodo.-Istimewa-radarcirebon.com

HANNOVER, RADARCIREBON.COM - Claudia Emmanuela Santoso, musisi Muda asal Cirebon berhasil memukau Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Kanselir Jerman Olaf Scholz di gelaran Opening Ceremony of Hannover Messe 2023, Minggu (17/4) malam waktu Indonesia.

Tampak dalam acara tersebut Claudia membawakan lagu Rayuan Pulau Kelapa dan This Is Indonesia. Ya, juara 1 The Voice of Germany 2019 tersebut berkesempatan menjadi pengisi acara pada puncak Opening Ceremony of Hannover Messe 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Indonesia diketahui menjadi partner country dari acara Hannover Messe tersebut. Bahkan, tampak hadir dalam acara itu sejumlah jajaran investor dari Jerman. 

Melalui laman Instagram @audi_emmanuela, Claudia menyampaikan bahwa dirinya bangga menjadi salah satu pengisi acara dalam ajang yang menjadi pemersatu hubungan bilateral antara Indonesia dan Jerman. 

BACA JUGA:Nadya Adik Nathalie Holscher Mualaf, Mantan Istri Sule Langsung Mengucap Syukur, Begini Harapannya

“Saya hanyalah seorang gadis muda dengan mimpi dari Cirebon, Indonesia,” ujar Claudia. Dan sekarang, saya tidak percaya saya akan mewakili negara saya, tampil di depan Yang Mulia, Presiden Republik Indonesia kita @jokowi dan Yang Mulia, Perdana Menteri Jerman @bundeskanzler di Hannover, Jerman. Ini suatu kehormatan besar,” lanjutnya.

Musisi muda tersebut juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya yang ada di Cirebon untuk tidak takut bermimpi. Apalagi, selama terus bekerja dan berjuang untuk meraih mimpi-mimpi besar tersebut. 

“Masih tidak percaya ini baru saja terjadi. Untuk itu, kepada semua pemimpi di luar sana - mimpi benar-benar menjadi kenyataan, selama kita terus bekerja. Jadi, mari terus bermimpi besar,” tutur Claudia.

Sebelumnya, dalam keterangannya bersama Menparekraf RI, Sandiaga Uno, Claudia mengaku terhormat apabila dirinya dapat ditunjuk sebagai “cultural bridge" antara Indonesia dengan Jerman. Bukan hanya mengharumkan nama Indonesia melalui karya musiknya, tetapi untuk menyukseskan produk ekonomi kreatif Indonesia agar lebih dikenal di pasar Eropa.

BACA JUGA:Pantauan Arus Mudik 2023, Kemenhub: 147.503 Mobil Keluar dari Jabodetabek, 173.938 Sepeda Motor

“Karena saya yakin di luar sana orang-orang sangat tertarik dengan budaya Indonesia dan juga dengan produk-produk Indonesia,” kata Claudia, pada awal April 2023 lalu.

Tahun 2023 ini, Claudia merilis single berjudul “If I Try” yang ia tulis bersama Rita Bavanati dan Benjamin Burbulla. Didistribusikan oleh Believe Music (atas nama val.On Records). Single ini mendapatkan dukungan dari GVL & Neustart Kultur dengan dana proyek dari Komisaris Pemerintah Federal Jerman untuk Kebudayaan dan Media. 

Claudia juga sedang mengerjakan proyek terbaru berupa mini album yang merupakan kolaborasinya untuk album Bebi Romeo dan Sandhy Sondoro. Dua musisi senior tersebut adalah mitra Kemenparekraf. Sandhy Sondoro sendiri menjadi pembawa lagu ‘Bangkit Bersama untuk Pariwisata #DiIndonesiaAja’. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: