Inovasi Baru, Layanan Realtime Lebaran Mudah, Indah dan Berkah di Sumedang

Inovasi Baru, Layanan Realtime Lebaran Mudah, Indah dan Berkah di Sumedang

Herman Suryatman, Sekda Kabupaten Sumedang.--

SUMEDANG, RADARCIREBON.COM - Ada inovasi baru di Sumedang dengan layanan realtime Lebaran mudah, indah dan berkah.

Ini merupakan layanan publik dengan kualitas yang ditingkatkan untuk menyambut Lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 Hijriyah.

Inovasi yang baru diluncurkan ini berupa lebaran.sumedangkab.go.id atau Sumedang Lebaran Realtime (Sumedang LRT).

Ini adalah sebuah platform digital yang menberikan layanan terbaik 1 x 24 jam kepada masyarakat, khususnya para pemudik.

"Kami akan manjakan warga Sumedang dan pemudik dengan layanan realtime. Sebuah layanan terobosan yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja," ujar Herman Suryatman, Sekda Kabupaten Sumedang, di Sumedang. Jum'at (21/4).

Menurutnya, hakekat pemerintahan adalah kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat. Pemerintah harus berpusat pada kepentingan masyarakat (human centric).

BACA JUGA:Cara Cek RAM Laptop Paling Sederhana, Ketahui di Sini

BACA JUGA:INFO MUDIK: Tol Cipali Sudah Tidak One Way, Lalu Lintas Bisa Lewat 2 Arah

"Pemerintahan ada untuk rakyat. Pekerjaan rumahnya adalah mensejahterakan dan membahagiakan rakyat. Lebaran momentum penting dalam tradisi masyarakat Indonesia. Karena itu, kami berupaya memberikan layanan terbaik pada momentum lebaran ini," sambungnya.

Herman menjelaskan, Sumedang LRT ini adalah layanan paling depan di Indonesia untuk memudahkan warga menikmati keindahan dan keberkahan hari raya idul fitri. Bagaimana tidak, semua kebutuhan masyarakat disediakan secara digital disana.

Mulai dari informasi kemacetan dan kecelakaan realtime, panduan jalur mudik dan balik, informasi fasilitas sosial dan fasilitas umum, layanan kedaruratan kesehatan dan kedaruratan bencana, info layanan RSUD, termasuk informasi harga bahan pokok penting (bapokting) dan inflasi dll.

"Semua layanan tersaji di Sumedang LRT. Masyarakat dengan mudah bisa mengakses informasi apa saja secara komunikatif. Kami yakin dengan akses informasi yang cepat dan mudah, banyak hal bisa diatasi. Misalnya, macet bisa dicegah, sakit yang lebih parah bisa dicegah, dampak negatif bencana bisa diminimalisir, keterlambatan bisa dihindari, dan lain sebagainya," tegas Herman.

Dikatakan Herman, lebaran di Sumedang kali ini akan lebih mudah, indah dan berkah. "Itulah hakekat layanan publik yang berpusat pada kepentingan masyarakat atau human centric. Itu pula esensi dari society 5.0," ungkapnya.

Di tempat lain, salah seorang warga Sumedang yang berkiprah di Jakarta, Maman Suherman atau yang akrab disapa Kang Maman, mengatakan bahwa ini terobosan yang luar biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: