Ganjar Pranowo Resmi Jadi Capres PDI Perjuangan, Prabowo atau Tokoh NU yang Jadi Cawapresnya?

Ganjar Pranowo Resmi Jadi Capres PDI Perjuangan, Prabowo atau Tokoh NU yang Jadi Cawapresnya?

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berziarah ke makam Sunan Gunung Jati, Selasa (21/3/2024)-Dedi Haryadi -radarcirebon

RADARCIREBON.COM - Ganjar Pranowo diusung oleh PDI Perjuangan sebagai calon presiden alias capres pada Pemilu 2024 mendatang.

Pengumuman Ganjar Capres PDI Perjuangan disampaikan lansung oleh Megawati sebagai Ketua Umum.

Setelah menentukan pilihan kepada Ganjar dari sekian banyak kader partai, kini semakin menarik menantikan siapa calon wakil prsiden yang akan dipasangkan dengan Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Mungkinkah Prabowo Subianto menjadi pasangan Ganjar sebagai Cawapres, atau akan dipasangkan dengan tokoh dari Nahdlatuh Ulama?

Pengamat Politik M Qodari mengatakan, PDI Perjuangan berpotensi gabung dengan koalisi besar.

Koalisi ini bentukan Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB yang terdiri dari Golkar-PPP-PAN.

Namun, bisa juga PDIP bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya atau KKIR yang terdiri dari Gerindra dan PKB.

JIka PDI Perjuangan gabung dengan koalisi besar, maka tinggal menentukan bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk dipasangkan dengan Ganjar.

"(Jika bergabung) PDIP menawarkan Ganjar sebagai capres. Mungkin jika Prabowo mau jadi wapres Ganjar," katanya, Jumat, 21 April 2023.

Namun, jika tak bergabung dengan Koalisi Besar, dia menilai PDIP akan mengambil sosok yang berasal dari Nahdlatul Ulama (NU).

"Dugaan saya PDI perjuangan akan mencari calon wapres dari layar belakang NU, yang artinya berasal dari luar PDI-P, tapi  semua ini kan kita tunggu kepastian," katanya.

Ganjar Pranowo Capres PDI Perjuangan

Bertepatan pada peringatan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April hari ini, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengumumkan bahwa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Capres PDIP pada Pemilu 2024

Pengumuman capres PDIP ini rencananya turut dihadiri Presiden Jokowi, Prananda Prabowo, Puan Maharani, Olly Dondokambey, Hasto Kristiyanto dan Ganjar Pranowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: