Perhatikan, Berikut Ini Adalah Sunnah Rasulullah di Hari Raya Idul Fitri, Dijelaskan Ustadz Adi Hidayat

Perhatikan, Berikut Ini Adalah Sunnah Rasulullah di Hari Raya Idul Fitri, Dijelaskan Ustadz Adi Hidayat

Ustadz Adi Hidayat-Ist/Tangkapan Layar-

RADARCIREBON.COM -- Ada sejumlah amalan yang dikerjakan Nabi Muhammad SAW di hari raya Idul Fitri.

Amalan sunnah saat Idul Fitri tersebut memiliki banyak keutamaan.

Umat Muslim sedunia tentu dianjurkan untuk mengerjakannya sebagai wujud kecintaan kita kepada Nabi SAW.

Dijelaskan oleh Ustadz Adi Hidayat, sunnah Rasulullah SAW saat Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri seperti diriwayatkan oleh cucu Nabi Muhammad, Hasan bin Ali radhiyallahu ta'ala anhuma.

Disebutkan bahwa, amalan tersebut diperintahkan oleh Nabi Muhammmad SAW kepada cucunya, Hasan.

Nah, jika keluarga terdekat Nabi Muhammad saja sangat dianjurkan untuk mengerjakan amalan tersebut, maka demikian juga dengan umat beliau.

“Kata Al Hasan, Rasulullah SAW, datuk kami memerintahkan kepada kami, lihat bahasanya memerintahkan pada kami, memang ini sunah tapi sunnah ketika dibuka dengan kalimat perintah ini menunjukkan sifatnya muakkadah sangat ditekankan,” demikian dijelaskan oleh Ustadz Adi Hidayat.

Itu dia katakan dalam sebuah momen ceramah yang dibagikan di kanal YouTube Adi Hidayat Official, dikutip pada Sabtu (22/4/2023).

Sunnah Menggunakan Pakaian Terbaik saat Hari Raya

“Kami diperintahkan setiap tiba dua hari raya maksudnya Idul Fitri dan Idul Adha, pertama untuk mengenakan mencari pakaian terbaik yang kami dapati, nah ini sunnah pertama,” jelas Ustadz Adi Hidayat.

Maka sebagai umat Nabi dan jika kita cinta pada Rasulullah SAW seharusnya lebih maksimal harus menjalaninya. 

“Maka ayo silahkan buka koleksi pakaiannya, cari yang paling bagus yang setidaknya sesuai dan layak digunakan untuk menunaikan sholatnya,” kata Ustaz Adi Hidayat. 

Namun Ustadz Adi Hidayat mengingatkan bahwa pakaian yang dimaksud tidaklah harus baru dan mewah. Namun terbaik dan layak untuk digunakan saat Shalat Idul Fitri.

“Masya Allah kapan lagi pakai baju bagus langsung ada pahalanya, unik kan.. Anda belum sholat sudah punya pahala karena mengenakan pakaian terbaik, ” tandas Ustadz Adi Hidayat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: