Salat Id di Ponpes Al Zaytun Indramayu Bikin Heboh, MUI Jabar: Masa Imam Dikawal

Salat Id di Ponpes Al Zaytun Indramayu Bikin Heboh, MUI Jabar: Masa Imam Dikawal

Istri Panji Gumilang Farida Al Widad dipanggil oleh Bareskrim Polri sebagai saksi dalam kasus yang melibatkan suaminya itu lantaran beredar video bahwa Farida sempat berada di saf salat pria.Foto:-Tangkapan layar-

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM - Kehebohan pasca salat Id di Ponpes Al Zaytun viral ditanggapi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat.

MUI Jabar akhirnya merespons viralnya foto-foto pelaksanaan salat Idulfitri di Ponpes A-Zaytun, Indramayu, tersebut.

MUI menilai, pelaksanaan salat berjamaah tersebut tidak sesuai dengan syariat. 

Dikatakan oleh Sekretaris MUI Jabar Rafani Akhyar, pelaksanaan salat Id di Ponpes Al Zaytun Indramayu sangat tidak lazim.

Rafani mendorong aparat penegak hukum mencari tahu maksud dan tujuan salat berjamaah viral tersebut.

Beberapa hal yang dinilai tidak biasa dalam pelaksanaan salat tersebut, menurut Rafani, keberadaan seorang wanita di shaf depan, dan posisi dua orang yang ada di dekat imam.

“Jadi gini, itu salat id di Al-Zaytun kemarin kalau mengukur dengan tata cara salat berjemaah jelas di luar ketentuan syariat ya," katanya dilansir dari JPNN.

"Wanita itu dalam ketentuan tidak di posisi depan ya tapi di belakang, itupun harus pakai pembatas,” imbuhnya.

Dia menambahkan, shaf bagi jamaah perempuan di belakang laki-laki, tidak ada kaitannya dengan isu kesetaraan gender.    

“Nah, itu bukan soal tidak menghargai wanita tapi itu ketentuan syariat tata cara salat berjemaah,” ujarnya.

Ia menerangkan, jika ada seorang wanita yang salat di saf terdepan, sementara di belakangnya ada jemaah laki-laki hak itu bakal mengganggu kekhusyukan dari salat yang dilaksanakan.

“Secara logika, kalau wanita di depan itu pasti menganggu jemaah di belakang laki-laki, ya bisa dibayangkan mengganggu apa,” ujarnya.

Bukan hanya itu, Ia juga menyoroti keberadaan dua orang di belakang imam seperti yang terekam dalam video saat jemaah Al-Zaytun melakukan salat id pada Sabtu (22/4).

Dalam foto yang beredar di media sosial, ada dua orang yang salat di belakang imam, namun posisinya tak sejajar dengan saf jemaah lain. Imam seolah-olah dikawal saat memimpin salat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: