Tahun Ini DPR RI Minta Pemerintah Optimalkan Perhatiannya Terhadap Guru Honorer

Tahun Ini DPR RI Minta Pemerintah Optimalkan Perhatiannya Terhadap Guru Honorer

Ilustrasi guru sedang mengajar-Pixabay-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) menjadi momentum yang pas untuk menyampaikan kabar baik bagi para guru honorer.

Dalam keterangan tertulisnya, Ketua DPR RI Puan Maharani secara khusus menyoroti nasib guru honorer yang belum mendapatkan perlakuan secara maksimal.

BACA JUGA:Talk Show KPC DIY Menyoal Kepemimpinan Bupati Imron Selama 4 Tahun, Berikut Catatannya

Puan meminta pengangkatan guru honorer menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dapat dioptimalkan di tahun 2023.

“Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang harus kita perhatikan bersama. Dengan diangkatnya para guru honorer menjadi PPPK, ini merupakan langkah maju bagi kesejahteraan mereka,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa 2 Mei 2023.

BACA JUGA:SBMI Laporkan Perekrut BMI Korban Dugaan TPPO Myanmar ke Bareskrim Polri

Politisi PDI Perjuangan ini mengingatkan masih banyak guru honorer yang mendapat upah rendah, khususnya di daerah-daerah.

Padahal, kata Puan, pekerjaan guru di daerah cukup berat dengan tantangan kurangnya tenaga pendidik dan aspek geografis yang tidak mudah.

BACA JUGA:Selamatan Giling Tebu Kembali Digelar Tahun Ini di PG Sindanglaut Cirebon

“Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang mencari pendapatan lebih dengan bekerja serabutan."

"Hal ini yang harus kita benahi, dengan menjadi ASN atau PPPK, guru akan sejahtera dan memberikan pelayanan terbaik bagi pendidikan negeri,” jelasnya.

BACA JUGA:Kapolres Majalengka Hadiri Anev Sitkamtibmas Terkini Pimpinan Kapolri Secara Vicon

Menurut dia, pemenuhan kebutuhan guru masih belum maksimal mengingat guru ASN berstatus PPPK yang telah dan diangkat masih kurang dari 50 persen, dari kebutuhan guru yang mencapai lebih dari 1,2 juta guru.

Pemerintah telah menyatakan akan mengoptimalkan kuota pengangkatan guru PPPK tahun 2023 sebanyak 601.286 guru untuk pemenuhan guru ASN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase