FK UGJ Ambil Sumpah 48 Dokter Baru

FK UGJ Ambil Sumpah 48 Dokter Baru

FK UGJ Ambil Sumpah 48 Dokter Baru-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati (FK-UGJ) kembali menggelar prosesi pengambilan sumpah dokter XXIII. Acara digelar Rabu (3/52023) di Auditorium UGJ Jalan Pemuda.

Sebanyak 48 dokter baru resmi diambil sumpah sebagai dokter langsung oleh Dekan FK UGJ Dr Catur Setiya Sulistiana MMed Ed mengatakan, FK UGJ telah berusia 14 tahun, saat ini jumlah mahasiswa sebanyak 789 mahasiswa dan 253 mahasiswa tahap profesi , dengan demikian total student body FK UGJ sebanyak 1.042 mahasiswa. Itu artinya, kata Catur,  kepercayaan masyarakat seluruh Indonesia sangat tinggi terhadap FK UGJ dengan dibuktikan mahasiswa FK UGJ dari berbagai daerah seluruh nusantara.

"Hari ini, Rabu , 03 Mei 2023 bertempat di Auditorium UGJ Campus 1 ,kembali FK UGJ Cirebon menggelar Kegiatan yang bersejarah dan sakral bagi dokterlulusan FK Unswagati, yaitu Sumpah dokter ke 23 bagi dokter lulusan FK Unswagati Cirebon," kata Catur. Lebih jauh Catur menjelaskan, pada Hari ini kami melakukan sumpah terhadap 48 Dokter Lulusan FK UGJ.

"Atas nama Pimpinan dan segenap Civitas Akademika FK UGJ kami juga mengucapkan Selamat pada Teman Sejawat dokter baru atas segala jerih payah dan usaha kerasnya sehingga kalian bisa jadi dokter Lulusan FK UGJ," tandasnya. Catur berpesan dan menyampaikan harapan kepada dokter uang telah diambil sumpah agar senantiasa menjaga nama baik FK UGJ khususnya dan UGJ pada umumnya. 

BACA JUGA:Yamaha Costumaxi and Yard Built 2023, Ratusan Peserta Pamer Karya Modifikasi

BACA JUGA:Ditemukan di Kota Cirebon, Anak Perempuan Usia 2 Tahun, Berikut Ini Ciri-Cirinya

Jadilah dokter yang baik yang selalu melayani masyarakat dengan kelembutan,empati, kasih sayang, kompetensi terbaik yang kalian miliki, selalu belajar dimanapun kalian berada, jangan lupa untuk selalu mengupgrade ilmu kalian, karena di dunia kedokteran ilmu itu selalu berkembang dan tidak pernah berhenti sampai ajal menjemput kita dan yang paling penting dan utama adalah dalam bekerja kita harus dengan sepenuh hati dan semata – mata hanya untuk mendapat ridho dari Allah SWT.

"Terima kasih kepada ketua Yayasan Pendidikan Swadaya Gununh Jati Bapak Dadang Sukandar Kasidin yang terus memberikan support demi kemajuan FK UGJ, terima kasih kepada Rektor UGJ atas dukungannya selama ini," tandasnya.

Pihaknya membeberkan,  FK UGJ  sampai saat ini sudah mencetak 464 Dokter. lulusan FK UGJ telah tersebar di seluruh Indonesia dan bekerja di RS Pemerintah dan swasta.

FK UGJ dan RSUD Waled terpilih untuk percontohan (pilot) AHS utk regional AIPKI Wilayah III dalam rangka pemenuhan Dokter Spesialis, FK UGJ  – RS  Waled – FK Unpad akan bekerjasama akan membuat Prodi Spesialis Sp. Obsgin, Poitiers University beserta FK UGJ dan mitra lainnya mendapat hibah Erasmus plus untuk pengembangan kapasitas institusi, dosen, dan mahasiswa.

BACA JUGA:Cak Imin Bertemu SBY, dan AHY, Herzaky Demokrat: Halal Bihalal dan Bahas Isu Kebangsaan

BACA JUGA:Pilih Sesuai Karakter Kamu, 5 Warna Cat Dinding Ruang Tamu yang Cocok untuk Desain Minimalis

Dan Tahun ini kita untuk pertama kalinya akan menerima mahasiswa asing untuk program clinical rotation bekerjasama dengan Radboud University Nijmegen Medisch Centrum (RUNMC), FK UGJ, RSUD Waled dan Dinas Kesehatan Kab Cirebon.

"Dua mahasiswa Belanda dari Radboud University Nijmegen, Marieke Zwolsman dan Julia Verboeket akan melaksanakan program RHCLIC dari bulan Juni hingga Oktober," tandasnya. Capaian civitas academica dalam acara Gebyar Riset Unggulan UGJ yang diselenggarakan di Kampus UGJ sangat menggembirakan yakni Juara I Periset Terbaik Tingkat Universitas diraih dr. Ahmad Fariz M. Z. Zein, SpPD, FINASIM, FACP, Juara I Periset Terbaik Tingkat Program Studi diraih dr. Catur Setiya Sulistiyana, MMedEd, Penerima Insentif Publikasi Ilmiah Jurnal Internasional diraih Donny Nauphar, BSc, MSiMed, dr. Ahmad Fariz M. Z. Zein, SpPD, FINASIM, FACP; dr. Catur Setiya Sulistiyana, MMedEd; DR. dr. Irman Permana, SpA(K), MKes, dr. Tiar M. Pratamawati, MBiomed, dr. Witri Pratiwi, MKes. 

Tahun ini adalah tahun ke 4 prodi sarjana dan profesi Dokter FK UGJ terakreditasi ISO 21001 : 2018 Educational Organizations Management System. Kemudian Penelitian S3 dosen FK UGJ atas nama dr Tiar Masykuroh Pratamawati, MM MBiomed mendapatkan dukungan dana dari Yayasan Satriabudi Dharma Setia senilai 7,2 M dalam bentuk barang dan alat.

Selain itu, Mahasiswa FK UGJ borong 2 Juara Level Nasional Juara 2  dan 3 dalam kegiatan Diabetic Olympiade 2023. Guru besar FK UGJ daftar Paten Kit Deteksi Leptospirosis secara dini dan cepat berbasis Deteksi Antigen , Beliau adalah Prof dr Muhammad Hussein Gasem,PhD SpPD K-PTI. Person Of The Year  2022 untuk Bpk Dadang Sukandar Kasidin selaku Ketua YPSGJ, Dr H Muhammad Edial Sanif, SpJP FIHA FasCC FICA  yang menjabat Wakil Dekan 1 FK UGJ, Hj Eni Suhaeni.,SKM MKes wakil dekan 2 FK UGJ, Dr H M Lutfi SpPD KHOM FINASIM.,MMRS Dir RSUD Waled dan Dosen FK UGJ. Rektor dan delegasi FK UGJ melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat dgn KBRI Tokyo Jepang pada tanggal 16 Des 2022 dalam bidang Kesehatan Mental, kerjasama dgn PCI NU dan PPI Jepang.

Wadir Umum dan Keuangan RSUD Waled Ir Pahim mengatakan, keterbatasan anggaran kesehatan berdampak ketersediaan sarana prasana, makanya sarana prasaran belum bisa kita penuhi di RSUD Waled, dan berdampak bagi beasiswa untuk dokter yang melanjutkan ke jenjang  spesialis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: