KISAH NYI RORO KIDUL dan Prabu Siliwangi, Putri Lara Kadita yang Terusir dari Kerajaan Galuh

KISAH NYI RORO KIDUL dan Prabu Siliwangi, Putri Lara Kadita yang Terusir dari Kerajaan Galuh

Kisah Nyi Roro Kidul yang disebut berasal dari Kerajaan Galuh dan putri Prabu Siliwangi.-Ist/Tangkapan Layar-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Kisah Nyi Roro Kidul kerap dikaitkan dengan beragam kejadian menonjol di masa lalu. Selain dikisahkan pernah berinteraksi dengan Wali Songo seperti Sunan Gunung Jati dan Sunan Kalijaga, ada juga kisah soal seorang putri dari Kerajaan Galuh.

Putri nan cantik jelita tersebut bernama Lara Kadita. Sosok seorang putri kesayangan dari Prabu Siliwangi yang dikisahkan terusir dari Kerajaan Galuh.

Kisah ini, seperti layaknya beragam legenda. Yakni, kecantikan yang membawa petaka, lantaran munculnya rasa iri dan dengki.

Kejadian itu, rupanya juga menimpa Lara Kadita. Kecantikannya sukses membuat iri para selir dan wanita di lingkungan Keraton Kerajaan Galuh.

BACA JUGA:Karyawati di Cikarang Beberkan Bukti Chat Bos Ajak 'staycation', Ancam Kontrak Kerja Tidak Diperpanjang

Kabarnya, sedari bayi, kehadiran Lara Kadita sudah membuat iri para wanita di kerajaan. Lalu, siapakah ibu dari Lara Kadita kalau memang dia adalah anak dari Prabu Siliwangi?

Tidak ada catatan sejarah yang dapat dikaitkan dengan peristiwa ini. Prabu Siliwangi, hanya diriwayatkan pernah menikah dengan 151 wanita yang kemudian menjadi istrinya.

Dari jumlah itu, ada juga versi lain yang menyebutkan jumlah istrinya adalah 56. Tetapi, beberapa sumber ini, tidak banyak yang merinci jejak keturunannya.

Prabu Siliwangi memang dikisahkan sepanjang hidupnya tidak hanya menikah secara fisik, ada juga yang bersifat spiritual. 

BACA JUGA:GEGER Bos Ajak Staycation Hingga Jalan Demi Perpanjang Kontrak Kerja, Karyawati di Cikarang Lapor Polisi

Namun dikisahkan bahwa Putri Kadita adalah calon pewaris Takhta Kerajaan Galuh. 

Cerita lain menyebutkan,  Sang Ratu Pantai Selatan merupakan putri mahkota dari Kerajaan Galuh yang pernah hidup pada abad 13.

Cerita-cerita itu, belum didukung dengan bukti-bukti tertulis yang meyakinkan. Namun yang paling banyak dipercaya Nyi Roro Kidul merupakan puteri dari Kerajaan Galuh. 

Prabu Siliwangi memiliki banyak anak, salah satunya bernama Putri Kadita yang sangat cantik jelita mewarisi memiliki sifat ayahnya yang bijaksana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: