Menurut Syeh Panji Gumilang, Orang Indonesia Itu Keturunan Nabi Ibrahim dari Istri Ketiga

Menurut Syeh Panji Gumilang, Orang Indonesia Itu Keturunan Nabi Ibrahim dari Istri Ketiga

Sejarawan mengomentari pernyataan terkait Nabi Ibrahim nenek moyang bangsa Indonesia. -hasil tangkap layar-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Ketika menjadi khatib dalam khutbah Idul Fitri 1 Syawal 1444 H atau tepat tanggal 22 April 2023, pimpinan Pondok Pesantren Al Zaitun Indramayu, Syeh Panji Gumilang, banyak yang menarik.

Salah satu di antaranya, dia menyebut bahwa masyarakat Indonesia itu keturunan Nabi Ibrahim dari Istri ketiga, Bunda Katurah. 

Ceramah Panji Gumilang itu diunggah oleh akun Facebook Jingga Pappul pada tanggal 24 April 2023. Dalam unggahan vedio yang berdurasi 8 menit 58 detik itu mengambil dari konten TikTok Durasi.ID. 

Oleh si pengupload, vedio itu diberi keterangan sebagai berikut: Ini ringkasan ceramah Idul Fitri Pimpinan Ponpes Al Zaitun Panji Gumilang di Masjid Ma’had Ponpes Al Zaitun Indramayu Jawa Barat yang diposting oleh kepanitiaan Al Zaytun, Sabtu 22-4-2023. Di mana akun bio ini adalah akun resmi Ponpes Al Zaitun.

Facebookers Jingga Pappul menambahi penjelasan: “Ceramah Idul Fitri Syeh Panji, endoresment Israel?” Belum jelas apa yang dimaksud caption itu. Tapi yang jelas dalam vedio yang sudah dipotong-potong itu Panji Gumilang memang banyak membahas Israel.

Syeh Panji dalam vedio itu memang menjelaskan, jika mendengar nama Israel seolah-olah negara itu adalah penjajah. Seandainya memang penjajah, Syeh Panji pun mengajak untuk memikirkan ulang tentang stigma itu.

BACA JUGA:HAPPY ENDING, Begini Nasib Husein Ali Setelah Bertemu Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata

Alasannya, ungkap Syeh Panji, Medan yang sekarang bagian dari negara Republik Indonesia itu ada jasa Nabi Ibrahim. Semua pun tahu jika Nabi Ibrahim merupakan nenek moyang bangsa Israel.

“Mengucapkan Israel sebagai penjajah, naudzubillah. Jangan masuk kelompok yang seperti itu,” tandas Syeh Panji Gumilang.

Syeh Panji Gumilang pun menjelaskan alur keturunan atau silsilah Ibrahim hingga sampai kepada nama Medan.

Menurunya, ada seorang pembesar bernama Tera. Dia adalah keturunan Nabi Nuh. Tera melahirkan banyak putra. Salah seorang diantaranya bernama Ibrahim.

Dijelaskan Syeh, Ibrahim mempunyai 3 istri. Yang pertama adalah Surai atau Sarah. Kedua Hajar. Ketiga adalah Ibu Katurah. 

Kemudian pimpinan Ponpes Al Zaytun itu mengajak untuk kembali membaca keturunan Nabi Ibrahim yang ditulis oleh Ibnu Hisyam di Kitab Sirah Nabawi. 

BACA JUGA:Warga 2 RT Berangkat Umroh Gratis, Biaya Ditanggung Sultan Bojong Koneng Bekasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: