Di Al Zaytun, Dahlan Iskan Cerita Soal Pengalaman Ganti Hati: Umur Saya Tinggal 2 Bulan

Di Al Zaytun, Dahlan Iskan Cerita Soal Pengalaman Ganti Hati: Umur Saya Tinggal 2 Bulan

Dahlan Iskan mengungkap cerita mengenai ganti hati saat mengisi orasi ilmiah Wisuda IAI Al Azis Mahad Al Zaytun Indramayu.-Kholil Ibrahim-radarcirebon.com

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM - Dahlan Iskan sempat menyampaikan cerita mengenai ganti gati, saat orasi ilmiah di Wisuda IAI Al Azis Mahad Al Zaytun, Kabupaten Indramayu, Sabtu, 20, Mei 2023.

Dahlan Iskan hadir di Mahad Al Zaytun memenuhi undangan dari Syekh Panji Gumilang. Tidak sekadar datang, eks menteri BUMN tersebut juga diminta menyampaikan orasi ilmiah.

Saat bercerita kepada wisudawan dan wisudawati IAI Al Azis, Dahlan Iskan mengulas mengenai kemampuan manajerial dan leadership.

Menurutnya, kedua hal ini harus dipelajari dengan praktik sedari di sekolah. Sebab, skill ini hanya bisa dipraktekan secara langsung.

BACA JUGA:Jokowi dan Lula da Silva Bertemu di Hiroshima, Indonesia-Brazil Sepakati Kerja Sama di Bidang Lingkungan

Kemampuan leadership dan manajerial tersebut lah yang akan sangat menentukan karir seseorang ke depannya, termasuk kesuksesan dalam memimpin.

Lantas Dahlan Iskan bercerita mengenai penunjukkan dirinya oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Direktur Utama (Dirut) PLN.

Dari situ, cerita mengenai ganti hati bermula. Pasalnya, setelah transplantasi organ tubuh tersebut dilakukan, banyak hal yang berubah.

Sehingga ketika hendak menerima amanah sebagai Dirut PT PLN, Dahlan mengaku sempat ke Tiongkok untuk memeriksakan kondisi kesehatannya.

BACA JUGA:Kereta Cepat Mulai Wara-wiri Jakarta Bandung, Kecepatan Sampai 385 Kilometer per Jam?

Apakah setelah ganti hati tersebut, dirinya masih bisa melakukan pekerjaan sebagai Dirut PT PLN yang tentu akan banyak menyita waktu.

Seperti diketahui, Dahlan Iskan melakukan operasi ganti hati di Tianjin, Tiongkok pada tahun 2007. Tindakan tersebut harus dilakukan, karena kanker yang menggerogoti hatinya.

"Karena tuhan mengharuskan kita berikhtiar. Saya ke Tiongkok dan ganti hati. Waktu itu, dokter mengatakan bahwa umur saya tinggal 6 bulan lagi," kata Dahlan, mengungkap ceritanya.

Setelah bulat dengan keputusan ganti hati, rupanya menemukan organ yang cocok adalah tantangan berikutnya. Bahkan, harus menunggu sampai 4 bulan lamanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: