Hambdalah Versi Nabi Daud Dinyanyikan Syekh Panji Gumilang di Depan Dahlan Iskan dan Kivlan Zen

Hambdalah Versi Nabi Daud Dinyanyikan Syekh Panji Gumilang di Depan Dahlan Iskan dan Kivlan Zen

Syekh Panji Gumilang sebelum pembukaan Sedang Terbuka Senat IAI Al Zaytun Indonesia. Foto:-IAI AL-AZIS Official-YouTube

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM - Syekh Panji Gumilang pendiri Pesantren Al Zaytun Indramayu mengucapkan rasa syukur dengan cara berbeda.

Dia menyebutkan Hamdalah namun versi nyanyian Nabi Daud. Menurut Panji Gumilang, ucapan Hamdalah itu dinukil dari Kitab Zabur.

Hal itu dia lakukan ketika menyampaikan orasi ilmiah dalam acara Sidang Terbuka Senat Institu Agama Islam (IAI) Al Zaytun Indonesia, Sabtu 20 Mei 2023.

Acara tersebut dihadiri juga oleh sejumlah tokoh nasional, seperti Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan, dan Letjen (Purn) Kivlan Zen.

Orasi ilmiah itu dibuka oleh Panji Gumilang dengan mengucapkan salam seperti biasanya umat Muslim.

Namun pada gilirannya akan mengucap syukur kepada Allah, dia memilih untuk menukil nyanyian Nabi Daud ketika yang disebut olehnya berasal dari Kitab Zabur. 

"Hamdalahnya, saya ingin menyanyi, tapi bersama-sama. Menikmati betapa indahnya persahabatan yang bisa duduk bersama ini," ujarnya.

BACA JUGA:Tante ERNIE Pemersatu Bangsa Gugat Cerai Suami, Gara-gara Terlalu Terbuka?

BACA JUGA:TERUNGKAP! Begini Kisah Pertemuan Panji Gumilang dan Dahlan Iskan di Al Zaytun

"Saya akan buka mazmur, Zabur, nyanyian dari Nabi Daud. Siapa yang bisa, ikuti," tambah pendiri pesantren viral di Indramayu tersebut.

Kemudian Panji Gumilang menyenandungkan sebuah nyanyian yang diikuti oleh hadiri yang menghadiri acara tersebut.

Menurut dia, itu adalah ungkapan rasa syukur kepada Allah yang diekspresikan oleh Nabi Daud lewat nyanyian dan tercatat dalam Kitab Zabur.

"Itu Hamdalahnya. Yang kata orang, artinya seperti ini, kata orang ya bukan kata saya. Alangkah Indahnya kita bisa duduk bersama membangun persatuan dan persahabatan. Nah itu, itu artinya," tutur Panji Gumilang.

Dia kemudian menukil juga ucapan Hamdalah yang biasa diucapkan umat Muslim ketika berpidato atau ceramah. yang juga diucapkan Kivlan Zen di acara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: