Rumor Terkait Hubungan Dekat Panji Gumilang dan Soeharto Sudah Beredar Lama

Rumor Terkait Hubungan Dekat Panji Gumilang dan Soeharto Sudah Beredar Lama

Presiden Soeharto ketika meresmikan gedung di Kompleks Al Zaytun Indramayu yang diberi nama sesuai dengan namanya sendiri.--

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM - Soeharto disebut-sebut kerap memberi bantuan kepada Panji Gumilang, termasuk dalam membangun Pondok Pesantren Al Zaytun di Indramayu.

Dalam wawancara dengan tvOne ada Mei 2011 lalu, Panji Gumilang sendiri mengakui kedekatan dirinya dengan Soeharto.

BACA JUGA:Bangkitkan Generasi Digital Indonesia, Smartfren Prakarsai Gerakan Sejuta Akses Internet untuk Berjuta Peluang

Panji Gumilang juga membenarkan jika Soeharto pernah memberikan bantuan kepada Al Zaytun.

Namun demikian, Panji Gumilang merasa heran mengapa hal itu justru dipertanyakan publik.

“Pak Soeharto pernah datang kemari, dan memberi sumbangan. Itu wajar saja, karena beliau seorang presiden," demikian dikatakan Panji Gumilang kepada tvOne di Jakarta.

BACA JUGA:Perkuat Skuad Indonesia di Piala Asia 2023, PSSI Bidik Pemain Diaspora Grade A

Menurut dia, Soeharto adalah figur kepala negara yang sudah banyak berjasa untuk Indonesia. Sehingga layak mendapatkan pernghormatan dan menjadi contoh.

"Dekat dengan Pak Soeharto kenapa dipertanyakan. Pak soeharto itu pimpinan, dan membuat karya besar untuk bangsanya," katanya.

"Panji Gumilang itu berguru, jadi itu suatu hal yang wajar. Apalagi, dari sisi tokoh, beliau ini berbintang lima dan patut menjadi panutan," imbuh pria 76 tahun ini.

BACA JUGA:Disnakertrans Jabar Gelar Bursa Kerja 2023 Sampai Besok, Tersedia 2000 Lowongan

Perlu diketahui, Panji Gumilang dan mantan Presiden RI Soeharto memiliki hubungan dekat.

Bahkan, sudah sejak lama banyak rumor yang beredar seputar hubungan penguasa Orde Baru dengan pimpinan Ma’had Al Zaytun Indramayu tersebut.

Dalam video dokumentasi yang diunggah kanal Youtube IAI AL-AZIS Official, menunjukkan sejumlah potret kedekatan Panji Gumilang dan Soeharto.

BACA JUGA:Wanita Pamer Alat Kelamin di Kebun Teh Ciwidey Terungkap, Direkam Sang Suami

Beberapa foto diambil ketika peresmian gedung pembelajaran yang dibangun di kompleks Pesantren Al Zaytun pada 2006.

Gedung itu diberi nama Gedung Jenderal Besar HM Soeharto dan diresmikan oleh Soeharto sendiri. Luas gedung ini mencapai 20 ribu meter persegi.

Sejumlah foto yang ditayangkan dalam video dokumentasi tersebut menunjukan betapa keduanya memang memiliki hubungan dekat.

BACA JUGA:ADA HUBUNGAN, Ini Foto-foto Panji Gumilang dan Soeharto, Tidak Heran Kalau Banyak Rumor

Tampak dari bahasa tubuh Panji Gumilang, dia sangat menghormati presiden kedua RI tersebut.

Foto-foto yang ditampilkan menunjukan momen-momen khusus mulai dari penyambutan saat Soeharto tiba di Al Zaytun hingga peresmian gedung.

BACA JUGA:Ditinggal Bekerja, Motor Milik Karyawan Klinik di Cirebon Digondol Pencuri

Ada juga foto saat Panji Gumilang dan Soeharto sedang berbincang santai. Foto ini diduga merekam momen ketika mereka bertemu di rumah keluarga Soeharto di Jalan Cendana, Jakarta.

Soeharto yang mengenakan sarung dan kemeja putih terlihat sedang menyimak pembicaraan yang disampaikan Panji Gumilang. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase