IPB Cirebon Siap Berkolaborasi untuk Kenalkan Budaya dan Bahasa Asing serta Teknologi

IPB Cirebon Siap Berkolaborasi untuk Kenalkan Budaya dan Bahasa Asing serta Teknologi

kOlaBORasi: iPB Cirebon menggelar sharing budaya bertema life school in Japan kepada para siswa-siswi sma islam al azhar Cirebon, beberapa waktu lalu.-IPB Cirebon-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Institut Pendidikan dan Bahasa Cirebon (IPB Cirebon) menggelar sharing budaya dan bahasa asing dengan para siswa SMA Islam Al Azhar Cirebon, beberapa waktu lalu. Kegiatan sharing budaya dengan tema Life School in Japan ini, bertujuan untuk mempromosikan budaya satu sama  lain.

Dalam kegiatan yang menghadirkan langsung Warga Negara Asing (WNA) bernama Cie inipun disambut antusias oleh para siswa dan juga guru-gurunya. Cie datang didampingi oleh seorang mahasiswa Prodi Sastra Jepang IPB Cirebon, yang bertugas sebagai penerjemahnya.

Dalam kesempatan itu, para siswa SMA Islam Al Azhar memperkenalkan kesenian gamelan khas Cirebon. Sementara Cie, yang merupakan WNA asal Jepang memaparkan budaya dan bagaimana kehidupan sekolah di Jepang.

Kegiatan tersebut digelar atas inisiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) IPB Cirebon dan SMA Islam Al Azhar Cirebon untuk memberikan semangat dan motivasi kepada para siswa supaya dapat mempelajari budaya dan bahasa asing dengan lebih giat. Terlebih dengan bantuan teknologi saat ini, belajar budaya dan bahasa asing bisa diperoleh dengan lebih mudah dan cepat.

BACA JUGA:Biksu Thudong Menangis di Tegal, Sampai Angkat Jempol Kaki

BACA JUGA:ALAMAK! Dahlan Iskan Bocorkan Pertanyaan yang Enggan Dijawab Panji Gumilang, Paling Sensitif?

"Siswa siswi itu sekarang sudah harus memahami, bahwa teknologi dapat mempermudah kita untuk menguasai budaya dan bahasa asing, " Ungkap Kaprodi PBI IPB Cirebon, Alda Willyan MPd.

Menurut Alda, kegiatan tersebut sangat positif untuk memperkenalkan budaya satu sama lain. Dirinya berharap kolaborasi ini, tidak hanya dilakukan dengan SMA Islam Al Azhar Cirebon, tapi seluruh sekolah di wilayah Cirebon di bidang budaya, bahasa dan teknologi.

Penguasaan atas teknologi dan bahasa asing, menurutnya sangatlah penting, mengingat dunia yang semakin terhubung satu sama lain. Selain itu, penguasaan teknologi dan bahasa asing juga dapat membantu meningkatkan kesempatan di dunia kerja dan industri.

"Saat ini, minat siswa terhadap teknologi dan bahasa asing sudah berkembang pesat, hanya saja, belum banyak yang mewadahinya. Sebagai Perguruan Tinggi satu satunya di wilayah Cirebon yang concern terhadap teknologi dan kemampuan bahasa asing, IPB Cirebon siap memberikan wadah untuk mereka memiliki kompetensi tersebut, " Pungkasnya. (awr/opl)

BACA JUGA:'Cinta' Syekh Panji Gumilang yang Bertepuk Sebelah Tangan kepada Dahlan Iskan: Saya Hanya Kenal

BACA JUGA:MAU MAJU? Tiru Syekh Panji Gumilang: Tapi Mau Apa Tidak?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: