Dosen IPB Cirebon Beri Pelatihan Penguatan Kompetensi Guru

Dosen IPB Cirebon Beri Pelatihan Penguatan Kompetensi Guru

Dosen IPB Cirebon Beri Pelatihan Penguatan Kompetensi Guru-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM  - Institut Pendidikan dan Bahasa Cirebon (IPB Cirebon) menggelar pelatihan peningkatan kompetensi guru di sekolah dasar dan menengah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di wilayah Kabupaten Cirebon. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka pengabdian masyarakat sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Setidaknya ada enam orang dosen dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) IPB Cirebon yang terlibat dalam kegiatan yang digelar di sejumlah sekolah tersebut.

Salah satu tim dosen yang terlibat dalam pelatihan tersebut, Siti Sahronih MPd mengatakan bahwa kegiatan tersebut para dosen memberikan pelatihan mengenai apa dan bagaimana pelaksanaan dari Kurikulum Merdeka di sekolah. Lebih lanjut, kegiatan tersebut mengangkat tema penguatan kompetensi guru dalam penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka.

"Kompetensi yang disorot itu ada tiga, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi bahasa asing dan kompetensi teknologi atau literasi digital. Karena menang Kurikulum Merdeka ini salah satunya terkait dengan kemampuan menggunakan teknologi, " Ungkap Siti Sahronih kepada Radar Cirebon.

BACA JUGA:Touring ke Mandalika dengan Yamaha Fazzio Hybrid-Connected, Lady Biker Tetap Tampil Fashionable

BACA JUGA:Wah, Ternyata Kompleks Mahad Al Zaytun Sudah Menjadi Surga bagi Makhluk Ini

Menurutnya, penerapan Kurikulum Merdeka memang masih menjadi tantangan bagi sekolah, terutama di sekolah sekolah di lokasi yang terpencil. Maka dari itu diperlukan pembinaan yang intens, dengan salah satunya menguatkan kompetensi guru.

Untuk diketahui, Implementasi Kurikulum Merdeka sendiri merujuk kepada Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis (Renstra) Kemendikbud Tahun 2020-2024 dinyatakan bahwa tujuan Kemendikbud dan sasaran Strategis Pendidikan Kebudayaan adalah penguatan mutu dan relevansi Pendidikan yang berpusat pada perkembangan peserta didik melalui peningkatan kualitas pembelajaran dan relevansi Pendidikan di seluruh jenjang.

"Sesuai dengan motto IPB Cirebon yang unggul di bidang teknologi dan bahasa asing, kami siap memberikan pendampingan dan kerja sama dengan sekolah sekolah untuk lebih melek teknologi, " Ungkapnya.

Sahronih berharap, kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi sekolah dan guru guru yang ada di Cirebon.  Kegiatan tersebut juga rencananya tidak hanya dilakukan oleh Prodi PBI dan PGSD saja. Prodi prodi lainya di IPB Cirebon juga diharapkan dapat menggelar workshop dan kegiatan serupa di sekolah sekolah.

"Karena tujuan dari PKM sendiri kan supaya memberikan manfaat kepada masyarakat, " Pungkasnya. (awr/opl)

BACA JUGA:MEGAHNYA Rest Area Tol Cisumdawu, Ada Pemandian Air Panas dan Kereta Gantung, Terbaik di Indonesia

BACA JUGA:TERBARU, Fakta Kasus Pembunuhan Ibu Anggota DPR RI Bambang Hermanto di Indramayu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: