Bupati Nina Ingin Indramayu Menjadi Sentra Budidaya Ikan Lele

Bupati Nina Ingin Indramayu Menjadi Sentra Budidaya Ikan Lele

Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA saat panen ikan lele di Blok Dukuh Desa Kenanga Kecamatan Sindang, Rabu 31 Mei 2023. -Istimewa-

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM – Tidak hanya sebagai sentra beras, Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA ingin daerahnya juga menjadi sentra budidaya ikan air tawar.

Oleh sebab itu, Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA berharap Desa Kenanga Kecamatan Sindang menjadi sentra penghasil ikan air tawar, yakni lele.

BACA JUGA:Panji Gumilang Pernah Dinasehati oleh AM Hendropriyono Terkait Konflik Palestina-Israel

Hal itu diungkapkan Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA  saat mengikuti panen ikan lele Kelompok Bina Balung Sejahtera di Blok Dukuh Desa Kenanga Kecamatan Sindang, Rabu 31 Mei 2023 lalu.

Dikatakan Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA, dirinya merasa senang bisa panen ikan lele bersama pemilik hingga Kelompok Bina Balung Sejahtera di tambak ikan lele milik H Dodi Setiawan SE bersama ayahnya H Daspan.  

BACA JUGA:SBMI Sorot Lemahnya Penegakan Hukum TPPO Buruh Migran Indonesia, Nih Contohnya

Dia juga mengapresiasi kelompok tani di bawah Kelompok Bina Balung Sejahtera yang berhasil membudidayakan ikan lele, dan pembuatan pakan ikan lele yang dibuat secara mandiri, sehingg dapat menekan biaya untuk pakan. 

“Selain budi daya iklan lele, pakannya pun diproduksi sendiri. Ini memang luar biasa, Desa Kenanga selain dikenal sebagai sentra kerupuk juga kedepan bisa menjadi pusat budi daya ikan lele dan dapat ditiru oleh desa lain,” ujar Bupati Nina yang didampingi Sekda Rinto Waluyo dan sejumlah kepala SKPD. 

BACA JUGA:Peringati Bulan Bung Karno, Forki Kota Cirebon Gelar Kejuaraan Karate 2023

Agar bisa mandiri untuk kesejahteraan masyarakat berkelanjutan, Bupati Nina bertekad akan melakukan kolaborasi dengan masyarakat untuk mendorong budi daya ikan lele ini agar lebih berkembang dan maju sebagai kebanggan dan potensi unggulan Indramayu.

“Upaya dari Pemkab Indramayu tentu melalui kolaborasi dengan kepala dinas terkait bagaimana potensi budi daya ikan lele ini bisa berkembang dan besar,” tandasnya. 

BACA JUGA:Panji Gumilang Beberkan Alasan Indonesia Tidak Mau Membuka Hubungan Diplomatik dengan Israel

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanla) Kabupaten Indramayu Edy Umaedi menuturkan, produksi sektor perikanan di Kabupaten Indramayu setiap tahunnya telah memberikan kontribusi yang sangat abaik untuk Provinsi Jawa Barat hingga nasional, bahkan mengalami peningkatan pada tahun 2022.

“Produksi perikanan Kabupaten Indramayu pada tahun 2022 sebesar 526 ribu ton dan berkontribusi ke Jawa Barat, sekarang meningkat dari 31 persen menjadi 44 persen serta untuk nasional yang semula 1,2 persen kini menjadi 3 persen,” ungkapnya.

BACA JUGA:Sabtu Ganjar ke Cirebon, Sapa 8Ribu Kader PDIP di Stadion Bima

Edy Umaedi mengaku bangga dengan Kelompok Pembudidaya Ikan Bina Balung Sejahtera sebagai binaan Pemda Indramayu.

Menurutnya, sosok H Dodi Setiawan telah menerapkan cara budidaya ikan yang baik tersertifikasi excelent. Bahkan, suami dari dr Soipah ini telah membuat pakan ikan tersertifikat dengan bimbingan bupati Indramayu. (oni/dun)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase