Telur Ayam Ras Sumbang Inflasi Tertinggi di Mei 2023

Telur Ayam Ras Sumbang Inflasi Tertinggi di Mei 2023

Telur ayam jadi salah satu penyumbang inflasi tertinggi di Kota Cirebon pada Bulan Mei 2023.-SENO-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran.

Di Bulan Mei 2023, sejumlah harga kelompok pengeluaran turut mengalami kenaikan.

BACA JUGA:Inter Miami Bisa Gila-gilaan, Tim Peringkat Terbawah Ini Langsung Berubah Setelah Kedatangan Lionel Messi

Sehingga Kota Cirebon mengalami inflasi month to month (m-to-m) sebesar 0,15 persen dan inflasi year on year (y-on-y) sebesar 4,57 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 112,78.p

Kepala BPS Kota Cirebon, Aris Budiyanto menuturkan dari 7 kota pantauan IHK di Provinsi Jawa Barat, semua kota mengalami inflasi.

BACA JUGA:Al Zaytun Merambah Laut, Ternyata Terinspirasi Palestina, Begini Kisahnya

Inflasi m-to-m tertinggi terjadi di Kota Tasikmalaya sebesar 0,27 persen dengan IHK 113,80, sedangkan terendah terjadi di Kota Bekasi sebesar 0,08 persen dengan IHK sebesar 117,49.

"Pada Mei 2023, Provinsi Jawa Barat mengalami inflasi m-to-m sebesar 0,12 persen dan y-on-y sebesar 4,32 persen, sedangkan Nasional mengalami inflasi m-to-m sebesar 0,09 persen dan y-on-y sebesar 4,00 persen," tuturnya.

BACA JUGA:GAWAT, Ditemukan Bunker Narkoba di Kampus Ternama, Perwira Polisi Ini Turun Tangan

Beberapa kelompok yang mengalami inflasi di Mei 2023 diantaranya Kelompok makanan, minuman, dan tembakau dengan inflasi m-to-m sebesar 0,77 persen.

Komoditas yang turut memberikan andil inflasi antara lain telur ayam ras, daging ayam ras, bawang merah, cabai merah, tomat dan bawang putih.

BACA JUGA:Penjualan Tiket Indonesia vs Argentina jadi Sorotan Media Luar

Kelompok pakaian dan alas kaki juga  mengalami inflasi m-to-m sebesar 0,04 persen dengan komoditas yang turut memberikan andil inflasi adalah baju muslim anak.

Kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah pun tmengalami inflasi m-to-m sebesar 0,04 persen dengan komoditas yang turut memberikan andil inflasi yakni batu bata/batu tela, keramik dan semen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase