Ratusan Mahasiswa IPB Cirebon Kunjungi Kasepuhan

Ratusan Mahasiswa IPB Cirebon Kunjungi Kasepuhan

STUDI: Sebanyak 143 mahasiswa IPB Cirebon mengadakan kunjungan ke Keraton Kasepuhan untuk melakukan kuliah lapangan mata kuliah Pendidikan Pancasila, Kamis (8/6/2023).-IPB CIREBON -radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Sebanyak 143 mahasiswa IPB Cirebon mengadakan kunjungan ke Keraton Kasepuhan untuk melakukan kuliah lapangan mata kuliah Pendidikan Pancasila, Kamis (8/6/2023). Kedatangan mereka diterima langsung oleh Kepala Badan Pengelola Keraton Kasepuhan, RR Alexandra Wuryaningrat dan Iman Sugiman.

Dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Pancasila, Arief Firdaus SIP MSi mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan implementasi profil pelajar Pancasila. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari 3 prodi yang berbeda, yakni Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK).

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Wakil Rektor 3 IPB Cirebon, Dr Ade Sastra Wijaya, Ketua LPPM, Ferdi Iswandi dan Kaprodi  PGSD, Guntur MPd.

"Studi lapangan ini bertujuan untuk mengenalkan budaya dan sejarah lokal. Dalam hal ini adalah Keraton Kasepuhan Cirebon," ungkap Arief kepada Radar Cirebon.

BACA JUGA:Diterpa Isu Miring hingga Rusak Akidah, Kenapa Para Santri Masih Mau Masuk Al Zaytun, Oh Ternyata Ini

BACA JUGA:Tidak Peduli Messi, Suporter: Kami Datang Dukung Timnas Indonesia

Para mahasiswa itu juga berkesempatan untuk melihat benda-benda bersejarah di Museum Keraton Kasepuhan serta seminar singkat dengan pihak Keraton Kasepuhan Cirebon.

Kegiatan ini, lanjut Arief, dilatarbelakangi oleh kepedulian mahasiswa terhadap warisan budaya yang ada di Cirebon. Di mana, Keraton Kasepuhan dianggap sebagai Mitra strategis untuk menumbuhkembangkan sumber daya manusia yang berkualitas, berintegritas dan berkarakter.

Arief berharap, dengan kegiatan ini mahasiswa dapat lebih mengenal dan memahami sejarah dan budaya lokal Cirebon.

"Studi lapangan ini juga merupakan bekal bagi mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk menjadi tenaga pendidik yang mempunyai wawasan terhadap budaya dan sejarah lokal Cirebon," ungkapnya. (awr/opl)

BACA JUGA:ASYIK! 28 Juni 2023 Dipertimbangkan Libur Idul Adha, Antisipasi Perbedaan

BACA JUGA:VIRAL! Jemaah Haji Ahli Hisap, 95 Tahun Masih Ngebul Jelang Berangkat ke Tanah Suci

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: