Workshop Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Workshop Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Workshop Kewirausahaan Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam-ist-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Workshop Kewirausahaan 2023 merupakan kegiatan tahunan yang pada kesempatan kali ini mengangkat tema “Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan serta Mengembangkan UMKM di Era Digitalisasi” dan menjadi wadah bagi para generasi zillenial khususnya yang berada di daerah Cirebon untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui UMKM dengan memanfaatkan platform digital.

Dengan adanya workshop ini, diharapkan adanya tindakan nyata yang dapat dilakukan para pemuda di kalangan mahasiswa untuk memaksimalkan peranannya sebagai agent of change dalam memecahkan permasalahan ekonomi masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam melalui Bidang Kewirausahaan yang bekerja sama juga dengan Otoritas Jasa Keuangan Cirebon (OJK), Emina Cosmetics, dan Ruang Komunikasi.

Workshop Kewirausahaan dilaksanakan secara offline di auditorium lantai 4 gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam serta disiarkan melalui online di channel youtube HMJ KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada pukul 09.00-15.00 (15/06/2023). Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam yakni Ibu Dr. Siti Fatimah, M.Hum., Ketua Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam yaitu Bapak Dr. Arief Rachman, M.Si., Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam, serta partisipan yang terdiri dari mahasiswa se-wilayah Cirebon. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam melalui opening ceremony serta ada pula tari topeng sebagai persembahan pembuka acara.

Kegiatan workshop menghadirkan narasumber yang berkompeten dalam bidang kewirausahaan dengan narasumber pertama yakni Bapak Galih Mandala Putra, M.Ds., yang merupakan founder PT Mandala Digital Indonesia serta narasumber kedua yakni Ibu Nana Rosdiana selaku Kepala Bagian Pengawasan LJK Kantor OJK Cirebon. Narasumber pertama memaparkan materi seputar “The Inevitable Change The New Era of Selling with Digital Marketing upon us” yang mana pada sesi ini menitikberatkan pembahasan pada penjualan produk UMKM melalui platform tiktok serta mempelajari algoritma penayangan tiktok agar konten bisa memiliki banyak jangkauan customer.

BACA JUGA:Tidak Sesuai Syariat Islam, MUI Imbau Tidak Sekolahkan Anak di Al Zaytun Indramayu

BACA JUGA:ASYIK! Anggaran Verval Data Miskin Bakal Ditanggung Kemensos

Selain itu, di sesi pertama juga narasumber pertama memberikan kesempatan kepada para peserta untuk membuat kelompok diskusi tentang pembuatan ide produk atau jasa yang bisa dipasarkan melalui digital, kemudian setiap kelompok memaparkan hasil diskusinya dan bagi kelompok terbaik mendapatkan reward ekslusif. Adapun, pada pemaparan sesi kedua yang disampaikan oleh Ibu Nana Rosdiana membahas seputar dukungan OJK terhadap UMKM. Pada sesi tersebut, diperoleh informasi bahwasanya OJK mendukung dan memperluas akses keuangan bagi pelaku usaha UMKM melalui pembentukan ekosistem pembiayaan KUR serta berkomitmen untuk terus melakukan percepatan perluasan akses atau inklusi keuangan masyarakat guna mendukung prioritas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan mendorong pembangunan nasional melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD).

Setiap penyampaian materi, dipandu oleh moderator yaitu Hani Nurhaeni dan Dini Nurhandini selaku pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Komunikasi Islam yang mana setiap sesi dipandu secara bergantian. Dengan adanya kegiatan Workshop Kewirausahaan 2023 diharapkan mahasiswa bisa memanfaatkan kemajuan digital sebagai sarana berwirausaha, seperti halnya melaui UMKM untuk memperoleh pendapatan di usia muda.

 Penulis: Icha Annisa Aprilia (Ketua Bidang Minat dan Bakat HMJ KPI 2023)

BACA JUGA:Keputusan MK Mengenai Penetapan Sistem Pemilu 2024 Mendapat Apresiasi dari Bacaleg

BACA JUGA:Polisi Tangkap 414 Tersangka Terkait TPPO dan Kejahatan Terhadap Pekerja Migran, 1.314 Diselamatkan

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: