Pelan-pelan Pak Erick Thohir! Indonesia Resmi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Pelan-pelan Pak Erick Thohir! Indonesia Resmi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Indonesia resmi menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. -Erick Thohir/IG-radarcirebon.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Erick Thohir membuktikan tangan di PSSI. Saking banyak kejutan, masyarakat seolah tak diberi napas. Bahkan baru-baru ini, FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17. 

Pelan-pelan Pak Erick Thohir! Demikian komentar yang riuh disuarakan oleh warganet. Sebab, ada banyak terobosan yang dirasakan dalam persepakbolaan tanah air.

"Laga melawan Timnas Argentina adalah hanyalah satu dari sekian laga internasional yang akan dilakoni Tim Garuda," tulis Erick Thohir dalam keterangan pasca pertandingan.

Sementara dari sisi keuangan dan usaha, PSSI kini resmi memiliki PT Garuda Sepakbola Indonesia. Perusahaan ini, 95 persen saham dimiliki PSSI dan 5 persen untuk yayasan.

BACA JUGA:Resmi! FIFA Tunjuk Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

"Kita melihat potensi pendapatan PSSI, kita raih sesuai dengan komitmen pengelolaan yang transparan," katanya.

Menurutnya, tidak mungkin PSSI hanya berpangku tangan dan mengandalkan pembiayaan dari pemerintah. Dengan adanya dana dari sumber usaha ini, tentunya akan membuat menjadi lebih mandiri dalam hal keuangan.

"Kalau ingin membangun tim nasional yang serius ini, perlu Rp 200-500 miliar. Nah, itu tidak mudah. Karena itu, kami memberanikan diri. Kita aktifkan kembali, kita urus kembali PT Garuda Sepakbola Indonesia ini," ungkapnya.

Lewat perusahaan itu, PSSI dapat mengkomersialisasikan kegiatan tim nasional. Bahkan pendapatannya hampir seluruhnya akan menjadi milik dari PSSI karena memiliki saham 95 persen dan 5 persen sisanya milik Yayasan PSSI.

BACA JUGA:Pisah dari Majalengka, Kertajati Jadi Kota Madiri, 3 Kecamatan Bakal Bergabung

"Pertama kalinya PSSI bisa menjual hak siar secara bersamaan. Tidak hanya per game. Pertandingan tim nasional 8-10 game," tegasnya.

PSSI, kata Erick, juga sudah mulai mendapatkan pemasukan dari LED. Kemudian sekarang melakukan fans engagement lewat penjualan marchandise.

Ditegaskan Menteri BUMN tersebut, semua dilakukan demi membangun PSSI yang lebih mandiri dan kuat secara keuangan. Sehingga bisa maksimal menjalankan apa yang sudah direncanakan dan menjadi program.

Selain sumber pendanaan formal, yayasan juga akan membuka donasi dari tokoh masyarakat, organisasi, dan perusahaan yang peduli dengan Timnas Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: