8 Hal Klarifikasi Tim Ridwan Kamil ke Panji Gumilang, Diminta Secara Tertulis, Tak Jawab Langsung

8 Hal Klarifikasi Tim Ridwan Kamil ke Panji Gumilang, Diminta Secara Tertulis, Tak Jawab Langsung

Syekh Panji Gumilang menerima tim Investigasi Pemprov Jabar yang dibentuk Gubernur M Ridwan Kamil. -Mahad Al Zaytun-radarcirebon.com

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Pertemuan Syekh Panji Gumilang pimpinan Mahad Al Zaytun dan Tim Investigasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang dibentuk Gubernur, M Ridwan Kamil ternyata belum benar-benar mengklarifikasi segala tudingan yang beredar.

Dalam pertemuan yang dimulai lebih kurang pukul 16.00 sampai dengan 17.25, Jumat, 23, Juni 2023 itu, Syekh Panji Gumilang meminta agar apa yang menjadi pertanyaan dan perlu diklarifikasi dilakukan secara tertulis.

Entah apa alasannya, Syekh Al Zaytun enggan menyampaikan klarifikasi secara langsung. Bukan hanya itu, pria kelahiran Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Jatim) itu juga menolak ketemu dengan Tim Investigasi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

Panji Gumilang menegaskan kalau dirinya hanya mau bertemu dengan tim bentukan Pemprov Jabar, yang di dalamnya juga ada perwakilan MUI Jawa Barat.

BACA JUGA:Kasus Penembakan di Indramayu Terungkap, Pelaku Masih Sepupu Korban, Ternyata Ini Pemicunya

Karenanya, Ketua Komisi Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan MUI Firdaus Syam mengaku sangat menyayangkan sikap itu. Mengingat ada banyak hal yang perlu diklarifikasi langsung.

Poin-poin klarifikasi itu, diantaranya menyangkut pernyataan dari Syekh Panji Gumilang sendiri. Misalnya soal Alquran, maupun hal lain yang mengundang kontroversi.

"Kita akan meminta kesediaan Panji Gumilang untuk bisa mengklarifikasi pertanyaan-pertanyaannya meski sebetulnya Tim MUI ini sudah memiliki fakta data yang sudah sangat akurat," katanya, dilansir dari Antara, Sabtu, 24, Juni 2023.

Ketua Tim Investigasi Pemprov Jabar, Badruzzaman M Yunus juga menyatakan hal senada. Meski telah bertemu dengan Panji Gumilang, namun belum bisa mengklarifikasi.

BACA JUGA:Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa Meninggal Dunia

"Tadinya kami ingin mengklarifikasi apa yang beredar di masyarakat dan di media. Tapi nampaknya beliau itu minta waktu kepada kami," katanya.

Diungkapkan dia, Syekh Panji Gumilang meminta untuk mempersiapkan jawaban dari hal-hal yang akan ditanyakan. Bahkan meminta pertanyaan disampaikan tertulis. 

"Beliau minta waktu atas hal yang akan kami pertanyakan. Beliau meminta apa yang diklarifikasi kepada beliau," kata dia, saat memberikan keterangan usai pertemuan.

Informasi yang dihimpun radarcirebon.com, terdapat sejumlah hal yang diklarifikasi kepada Panji Gumilang. Yakni terkait dengan pernyataannya hingga beragam kontroversi maupun tuduhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: