Pesantren Ramah Anak, Upaya Pencegahan Kekerasan di Lingkungan Pendidikan

Pesantren Ramah Anak, Upaya Pencegahan Kekerasan di Lingkungan Pendidikan

DEKLARASI. Deklarasi JPPRA dipimpin Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag RI, Waryono Abdul Ghofur yang diikuti puluhan perwakilan pondok pesantren se-Ciayimajakuning, di Pondok Pesantren Ketitang Cirebon, Jumat (23/6)-PONPES KETITANG -radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia (RI), I Gusti Ayu Bintang Darmawati menilai, program pesantren ramah anak sebagai bentuk upaya pencegahan kekerasan terhadap anak di lingkungan pendidikan berbasis agama.

Hal itu ia sampaikan dalam kegiatan seminar nasional "Membumikan Konsep Perlindungan Anak dalam Islam" dan "Deklarasi Jaringan Pondok Pesantren Ramah Anak", di Pondok Pesantren Ketitang Cirebon, Desa Japurabakti, Kecamatan Astanajapura, Jumat (23/6)

Bintang Darmawati menilai, maraknya kasus kekerasan, khususnya kekerasan seksual terhadap anak yang muncul akhir-akhir ini menunjukkan bahwa masyarakat, termasuk media, memiliki awareness atau kesadaran terhadap segala bentuk tindakan yang mengarah pada kekerasan atau perlakuan salah lainnya terhadap anak.

Secara tidak langsung, katanya,  upaya edukasi dan sosialisasi yang dilakukan pemerintah telah secara maksimal diterima oleh masyarakat. "Hal ini juga sesuai arahan Presiden kepada Kementerian PPPA untuk fokus pada lima isu prioritas, salah satunya penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak," terangnya.

BACA JUGA:Jusuf Hamka Pamer Rest Area Tol Cisumdawu: Kita Bikin Top Kayak di Bastrow Amerika

BACA JUGA:Jelajah Ratusan Kilometer untuk Nikmati Eksotisme Pagar Alam

Terkait penghapusan kekerasan, pihaknya yakini berjalan beriringan dengan misi agama, yakni menghadirkan kedamaian, cinta kasih, dan membebaskan manusia dari berbagai bentuk ketidakadilan. Kekerasan dalam bentuk apapun, tentunya tidak sejalan dengan nilai-nilai agama yang menjunjung cinta kasih dan perdamaian.

"Kita semua mengharapkan anak-anak kita memperoleh pendidikan yang terbaik dalam lingkungan yang aman dan nyaman, tanpa terkecuali yang berada dalam pendidikan berasrama berbasis agama," ungkapnya.

Untuk mewujudkan pesantren yang dapat memenuhi hak anak, salah satu upaya yang  lakukan pihaknya bersama dengan Kemenag RI adalah menginisiasi program pesantren ramah anak.

Program pesantren ramah anak, sendiri, lanjut Bintang, sesungguhnya bertujuan untuk menciptakan sebuah pesantren yang menyenangkan bagi pertumbuhan anak dalam melewati masa-masa remaja dan mempersiapkan mereka memasuki usia dewasa, serta dapat meningkatkan prestasi, baik dalam belajar maupun aspek kemampuan lainnya.

BACA JUGA:Terungkap! Ini Dia Motif Pungli di Rutan KPK

BACA JUGA:J Trust Bank Lanjutan Kinerja Positif di Kuartal I 2023

Pesantren ramah anak, adalah usaha menciptakan pesantren dan lingkungan sekitarnya agar dapat membuat anak nyaman, bersih, betah, fokus beribadah, senang belajar, bermain, dan berinteraksi.

"Selain itu, melalui pesantren ramah anak, diharapkan pondok pesantren juga berperan aktif sebagai model pendidikan yang mengupayakan pencegahan kekerasan terhadap anak di lingkungan pendidikan berasrama yang berbasis agama," imbuhnya.

Selain upaya mendorong adanya pesantren ramah anak, semua juga harus dapat meningkatkan peran anak sebagai pelopor dan pelapor di pesantren, sehingga diharapkan anak-anak tidak takut untuk melaporkan apa yang dialami.

"Kepada ayah bunda atau pengasuh dan pendidik saat mengalami atau pun melihat aksi kekerasan, serta tidak takut menyatakan pendapat karena itu adalah hak anak sesuai dengan Konvensi Hak Anak," pungkasnya. (sam)

BACA JUGA:8 Hal Klarifikasi Tim Ridwan Kamil ke Panji Gumilang, Diminta Secara Tertulis, Tak Jawab Langsung

BACA JUGA:Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa Meninggal Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: